10 Nov
2011

Surabaya, eHealth. Sebanyak 35 dokter muda dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang akan melaksanakan clinicle posting senior atau kegiatan praktek lapangan di beberapa Puskesmas di Surabaya berkumpul di Dinas Kesehatan Kota Surabaya untuk mendapatkan pengarahan seputar kegiatan di Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, dr. Esty Martiana Rachmie dalam sambutannya mengatakan, dari 58 Puskesmas yang ada di kota pahlawan ini, sebagian Puskesmas telah menyandang sertifikasi ISO 9001:2008. Dimana sarana dan pelayanan yang diberikannya sesuai dengan sasaran mutu yang baik.

Selain itu, lanjut dokter kelahiran Lamongan ini, pelayanan Puskesmas di Surabaya juga tak kalah dengan Rumah Sakit. Banyak kemajuan yang dicapai, salah satunya adalah tersedianya pelayanan dokter spesialis, ahli gizi dan apoteker di masing-masing Puskesmas.

Kadinkes menambahkan, selain adanya beberapa fasilitas di Puskesmas seperti pelayanan dokter spesialis, juga memiliki beberapa inovasi seperti Puskesmas Gundih dengan mengusung Toga dan pelayanan Obat Tradisional (Battra)nya. Atau juga Puskesmas Peneleh yang mengusung program Mother Class-nya untuk ibu dan Balita.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pendidikan dan Pelatihan Dinas Kesehatan Kota Surabaya Hariyanto, SKM menjelaskan, clinicle posting senior merupakan kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh dokter muda. Para dokter muda tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 5-6 orang per kelompok. Selanjutnya, mereka akan bertugas di beberapa Puskesmas di Kota Surabaya, antara lain Puskesmas Tanah Kalikedinding,  Banyu Urip, Medokan Ayu, Tanjung Sari dan Puskesmas Pucang Sewu. Pelaksanaan clinical posting ini rencananya selama 10 hari. (Ian)

Slideshow by webdesign