Sekapur Sirih

Surabaya, eHealth. Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan berdasarkan pada perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata, serta pengutamaan dan manfaat dengan perhatian khusus pada penduduk rentan, antara lain ibu, bayi, anak, Lanjut Usia (Lansia) dan keluarga miskin.


Berita Terbaru

Tata Cara Pengaduan

Tata Cara Pengaduan

Disampaikan secara lisan/datang langsung Disampaikan secara elektronik (Sosmed)

Ngobrol Santai Bareng Cak Eri dan Ning Rini ( NGOBRAS ) Bersama Kader Surabaya Hebat di Kecamatan Genteng dan Tegalsari

Ngobrol Santai Bareng Cak Eri dan Ning Rini ( NGOBRAS ) Bersama Kader Surabaya Hebat di Kecamatan Genteng dan Tegalsari

DulurSehatSby, Ngobrol Santai Bareng Cak Eri dan Ning Rini (NGOBRAS) kembali digelar Pemerintah Kota Surabaya. NGOBRAS pada Selasa ( 02/08) kali ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Tegalsari dan Genteng di Grand Empire Palace. Sebanyak 1.551 Kader Surabaya Hebat hadir dalam acara tersebut. Tak henti-hentinya semangat 

FINAL LOMBA DONGENG ‘HORE TIBI SEMBUH ‘ SAMBUT HARI ANAK NASIONAL

FINAL LOMBA DONGENG ‘HORE TIBI SEMBUH ‘ SAMBUT HARI ANAK NASIONAL

#DulurSehatSby, diatas panggung, Felicia Surya Tanzil begitu percaya diri membawakan sebuah dongeng dengan judul “Hore Tibi Sembuh”. Dengan apik ia menceritakan sebuah kisah tentang seorang anak bernama Tibi yang merasa kurang sehat saat ke sekolah. Oleh ibu Guru, Tibi diperiksa dan ternyata sedang demam. Karena itu, bu Guru menelepon orangtua Tibi untuk memberitahukan kalau Tibi demam dan batuk.

Usut punya usut, setelah diperiksa oleh dokter, ternyata Tibi menderita sakit Tuberkulosis atau TBC, yakni sakit yang disebabkan oleh Mycrobacterium tuberkulosis dan menular lewat udara. Setelah diselidiki, sakitnya Tibi karena tertular dari kakeknya yang sakit TBC.

Dokter mengatakan, ujar Felicia melanjutkan ceritanya, TBC dapat disembuhkan dengan minum obat setiap ari dan tuntas selama 6 bulan. Obat TBC sudah disediakan oleh pemerintah, jadi tidak dipungut biaya. Tibi juga harus makan makanan yang bergizi untuk menunjang kesembuhannya. Lingkungan rumah harus dijaga bersih. Buka jendela agar sinar matahari masuk dan aliran udara menjadi lebih baik.

Ya, bersama sembilan peserta lainnya, Felicia membawakan dongeng “Hore Tibi Sembuh” karya Trisanti R. dalam final lomba dongeng memperingati Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya ( @dwpkotasby ) bersama Rotary Club of Surabaya dan @kumpuldongengsby dengan tema “Pesta Anak Suroboyo Berani” bertempat di Grand City Surabaya, hari Sabtu (23/07/2022).

Lomba dongeng ini terasa spesial, karena mengangkat topik kesehatan yakni penyakit TBC. Sebuah penyakit menular yang menyerang paru-paru dan juga organ tubuh lainnya yang dibawakan secara apik dalam sebuah dongeng oleh adik-adik kita.

Tak hanya lomba dongeng saja, Pesta Anak Suroboyo berani ini juga menghadirkan lomba menghias pot bunga dan juga sebuah teater yang dibawakan oleh adik-adik siswa SD Inklusi di Kota Surabaya.

Selamat Hari Anak Nasional ya #DulurSehatSby.

#sehatsurabayaku

#surabayasehat

#banggasurabaya