Gedung Baru Untuk Tingkatkan Pelayanan ke Pasien

Gedung Baru Untuk Tingkatkan Pelayanan ke Pasien
Bangunan Baru Puskesmas putat Jaya
Bangunan baru Puskesmas Putat Jaya

Surabaya, eHealth. Masyarakat di wilayah Kelurahan Putat Jaya yang ingin berobat ke Puskesmas Putat Jaya kini lebih nyaman. Pasalnya, pembangunan gedung baru Puskesmas yang beralamatkan di Jl. Kupang Gunung V Raya No. 16 ini sudah selesai dan kini sudah beroperasi kembali.

Saat tim eHealth berkunjung ke Puskesmas Putat Jaya, hari Jumat (20/02/2016), bangunan yang terdiri dari tiga lantai ini masih dipenuhi pasien meski jam menunjukkan pukul 10.30 siang atau satu jam sebelum pelayanan tutup.

Kesan megah nampak saat mulai masuk ke Puskesmas yang dimulai dengan unit pendaftaran pasiennya. Bangunan yang didominasi warna putih gading ditambah deretan bangku panjang dan sebuah kipas angin terpasang di pojok loket pendaftaran seakan menyambut pasien.

“Maaf mas, kita masih begini (ruangannya, red) karena baru hari senin kemarin kita pindah ke sini,” ujar Yuni Yuwarida, Amd. Keb, staf KIA Puskesmas Putat Jaya. Memang, tim eHealth berkunjung ke Puskesmas Putat Jaya untuk supervisi persiapan Gebyar PIN Polio yang akan dilaksanakan bulan Maret mendatang. Kebetulan, saat tim berkunjung, Kepala Puskesmas Putat Jaya dr. Hartati tidak berada di tempat karena tengah mengikuti pelatihan akreditasi di luar Puskesmas.

Di dalam bangunan tersebut dibagi menjadi tiga bagian, yakni lantai satu menjadi ruang pengobatan, yakni Poli Umum, Poli Gigi, KIA/KB, ruang obat, juga laboratorium. Sedangkan dilantai dua terdapat Poli Mata, sanitasi, gizi, dan juga klinik STD (Sexual Transmitted Disease). Untuk lantai tiga berupa ruang pelayanan administrasi Puskesmas.

Salah seorang pengunjung Puskesmas, Siti Nuraini (36) mengapresiasi atas beroperasinya gedung baru ini. Menurutnya, gedung baru ini lebih luas daripada bangunan lama Puskesmas Putat Jaya. Namun, ia menyarankan agar diberikan AC di setiap ruangan, termasuk di ruang tunggu Puskesmas.

“Kalau orang (pasien, red) nya banyak kayak gini, ruangannya jadi pengap mas, panas juga,” tutur warga jalan Girilaya ini yang mengantarkan putrinya berobat. Meski begitu, Siti memaklumi karena bangunan masih baru, jadi perlu perbaikan secara bertahap. Ia pun berharap agar pelayanan Puskesmas Putat Jaya semakin baik kedepannya. (And)