Tetap Semangat Tinggi Meski Terkendala Data

Surabaya, eHealth. Gelaran lomba Posyandu Smart & Healthy kembali berlanjut. Kali ini tim juri lomba Posyandu mengunjungi Posyandu Kunir yang berada di daerah Wiyung Gang III Kelurahan Babatan. Pada penjurian yang dilaksanakan hari Jumat (10/6) tersebut terdapat sedikit kendala mengenai data yang akan dinilai, namun hal tersebut tidak menyurutkan minat kader Posyandu untuk tetap menjalani proses penilaian lomba.

Tidak sedikit ibu Balita yang hadir membawa buah hatinya ke Posyandu. Satu persatu mereka hilir mudik mengikuti antrian. Riuh suara anak-anak Balita semakin menambah meriahnya suasana. Maklum, Posyandu Kunir menjadi satu tempat dengan kegiatan PAUD Keluarga.

Kegiatan Posyandu Kunir tidak jauh berbeda dengan Posyandu lainnya di Kota Surabaya. mereka menjalankan pelayanan lima meja. Namun, Posyandu yang memiliki 100 lebih Balita ini berusaha menunjukkan kelebihan mengenai pelayanan di dalam maupun luar Posyandu. Pelayanan ini seperti kunjungan rutin dari rumah ke rumah Balita yang tidak datang ke Posyandu. “Kami juga terkadang sering mengunjungi rumah Balita yang BGM setiap satu bulan sekali,” tukas Munawaroh, Bidan Kelurahan sekaligus Pembina Posyandu Kunir.

Ia menambahkan, sejauh ini warga Wiyung mayoritas selalu aktif dan antusias apabila ada kegiatan di Posyandu, baik itu kegiatan menimbang mauypun penyuluhan.

Namun dalam penjurian ini, dari pihak juri mengalami kesulitan saat menanyakan berkas data administrasi Posyandu tahun 2010. Para kader mengaku tidak tahu kalau penilaian dilihat datanya dari tahun 2010. “Tadi tim juri menanyakan data di tahun 2010. Kami tidak tahu mas, kami pikir data tersebut diambil dari tahun 2011,” tukas Muriatin, Ketua Kader Posyandu Kunir kepada tim eHealth seusai penjurian berlangsung.

Dalam penilaian ini, tim juri lomba Posyandu Smart & Healthy tahun 2011 terdiri dari IBI, TP PKK Kota Surabaya, LSM Spektra, serta Dinkes Kota Surabaya. Penilaian ini meliputi kelengkapan administrasi, program inovasi dan lima program pelayanan Posyandu, pelayanan lima meja dan peran pembina Posyandu dalam meningkatkan mutu pelayanan, penyuluhan, serta menciptakan sebuah inovasi di dalam Posyandu.(Ian)