30 Mar
2016

Manfaat Sayur Daun Kelor untuk Kesehatan

Surabaya, eHealth. Tak banyak yang mengetahui mengenai tanaman ini, yaitu tanaman kelor. Salah satu tanaman yang tumbuh didataran rendah mauoun dataran tinggi. Buahnya banyak dimanfaatkan oleh warga desa sebagai campuran sayur asem. Selain buahnya, daun kelor banyak manfaatnya untuk menjaga kesehatan anda.

Beberapa manfaat daun kelor adalah untuk mengobati sariawan, karena daun kelor mengandung vitamin C yang ampuh mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Selain itu daun kelor juga dimanfaat kan untuk kesehatan otak karena mengandung potasium. Zat potasium diketahui mampu memelihara kesehatan otak dan saraf sehingga keadaan keduanya dapat dikontrol kesehatannya. Jika anda ingin menjaga kesehatan saraf dan otak konsumsi daun kelor.

Selain itu daun kelor juga digunakan untuk mejaga kesehatan mata. Daun kelor mengandung vitamin A yang tinggi. Kandungan inilah yang membuat daun kelor bisa menjaga kesehatan mata. Juga digunakan untuk mencegah osteoporosis karena daunnya mengandung banyak kalsium sehingga bisa membuat tulang semaikin kuat. Juga untuk mengatasi kulit kering karena daun kelor mengandung vitamin B2 yang mampu menjaga kelembaban kulit.

Jimmy Amd. Batra, Puskesmas Krembangan Selatan mengatakan memasaknya pun cukup mudah, yaitu dengan memasaknya seperti sayur bening. Pertama masak terlebih dahulu irisan bawang merah dan bawang putih kemudian masukkan jagung muda dan sayur gambas hingga agak layu kemudian masukkan daun kelor, beri garam sedikit dan gula serta kunci. Masakan siap dihidangkan untuk sayur. (Ima)