09 Jan
2016

Libas Bau Badan Dengan Cara Alami

Surabaya, eHealth. Bau badan terkadang terlihat sepele, namun bau badan bisa mengganggu anda saat bergaul dengan orang lain. Bau badan sering kali dihilangkan dengan menyemprotkan parfum pada baju dan tubuh. Namun tahukah anda jika yang anda lakukan itu hanya bisa bertahan sejenak saja, jika parfum yang anda pakai sudah hilang bau badan pasti akan kembali.

Selain menghilangkan bau badan dari luar seperti penggunaan parfum, deodorant atau penggunaan bahan lain yang sifatnya dari luar tubuh, anda harus mencoba menghilangkan dari dalam. Untuk menghilangkan bau badan secara alami, anda bisa menggunakan bahan-bahan tradisional. Selain murah, bahannya sudah ada disekitar anda.

Untuk menghilangkan bau badan dari dalam, ada beberapa tips yang diungkapkan oleh Nani Aprilianti Amd. Batra.

Jika di daftar bumbu anda terdapat kunyit dan asam, gunakan bahan itu untuk ramuan jamu kunyit asam. Ramuan kunyit asam sudah dikenal turun temurun sebagai obat alami untuk menghilangkan bau badan, terutama orang Jawa.

Untuk membuatnya siapkan ½ kg kunyit, ¼ gula jawa dan ½ kg asam jawa, 2 liter air dan sepucuk teh garam. Parut kunyit lalu ambil sarinya, kemudian rebus perasan kunyit dan tambahkan dengan asam, gula jawa serta garam. Aduk hingga rata dan masak hingga mendidih. Setelah itu, saring dan hidangkan atau disimpan di kulkas. Minumlah setidaknya sehari sekali.

Namun jika disekitar anda tidak ada kunyit asam, anda bisa menggunakan daun kemangi yang biasa ditanam dihalaman rumah. Jenis tanaman ini mudah tumbuh dimana-mana, selain untuk tanaman hias juga sebagai tanaman obat.  Selain itu tanaman kemangi kaya akan kandungan minyak atsiri dan kaya akan kandungan bahan antiseptik yang bisa membantu menghilangkan bau badan.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan memperbanyak konsumsi daun kemangi sebagai lalapan ketika kita makan, hal itu sudah sangat efektif untuk mengurangi bau yang kurang sedap pada area ketiak yang menyebabkan bau badan. Selebihnya tetap menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari. Selamat mencoba. (Ima)