11 Oct
2016

Oleh : Tri Rahayu Ningsih

Surabaya, eHealth. Bekerja dengan banyak aktifitas dan gerak berpotensi menjadikan kita cepat merasa lelah. Begitu juga dengan pekerjaan yang mengharuskan kita banyak duduk (seharian) baik itu karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda berada di depan layar komputer/laptop.

Terlalu lama bekerja dengan posisi duduk membuat kita kurang melakukan gerakan dan olahraga. Akibatnya, kekebalan tubuh menurun sehingga lemak dan gula tidak terbakar dengan baik.

Oleh sebab itu terlalu lama duduk dapat menimbulkan sejumlah penyakit yang tidak terduga sebelumnya. Seperti penyakit gangguan tulang belakang (tulang membengkok ke kiri atau ke kanan), dan dari hasil penelitian yang dilakukan Universitas Leicester di Inggris yang dimuat pada jurnal Diabetologia, menyatakan bahwa duduk waktu lama dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit berat seperti jantung, diabetes bahkan sampai kematian.

Begitu juga dengan kesehatan mata, terlalu lama dan sering memandangi layar komputer/ laptop dapat membuat mata perih hingga mengakibatkann sakit kepala (pusing). Dengan demikian kesehatan matapun juga  harus diperhatikan.

Berikut beberapa tips untuk Anda yang patut dilakukan ketika Anda melakukan kegiatan terlalu lama duduk dan memandangi komputer/ laptop :

  • Biasakan melakukan olahraga ringan sebelum masuk kantor atau sebelum melakukan pekerjaan. Seperti biasakan ke kantor dengan bersepeda atau berjalan kaki. Kemudian biasakanlah senam ringan sebelum melakukan aktivitas.
  • Usahakan di sela- sela bekerja Anda mengambil istirahat pendek minimal 10-15 menit untuk berjalan singkat atau sekedar merenggangkan otot-otot. Hal lain yang juga dapat dilakukan yaitu seperti mengambil air atau membuat teh/ kopi.
  • Pada saat jam istirahat pastikan Anda memanfatkan untuk berjalan-jalan ke luar ruang kerja/ kantor untuk menghirup udara segar. Aktivitas ini baik dilakukan jika ruang kerja Anda ber-AC sebab terlalu lama di ruang ber-AC juga tidak baik.
  • Membiasakan duduk dengan posisi duduk yang benar. Sebab posisi duduk yang salah dapat menjadikan Anda tegang dan stress.
  • Jika terlalu lama memandangi layar komputer, sebaiknya berhenti dulu beberapa saat untuk mengistiharatkan mata. Selain itu, seringlah berkedip juga untuk menghidari mata kering.
  • Jika anda memiliki gangguan penglihatan saat menggunakan komputer, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mata.
  • Pastikan jarak antara layar monitor dengan mata sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atar layar sesuai dengan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.
  • Gunakan screen protector di layar komputer untuk mengurangi pancaran radiasi.
  • Jika mengalami gangguang penglihatan, sebaiknya gunakan kacamata atau lensa.
  • Minumlah delapan gelas air sehari dan makanlah makanan yang bernutrisi.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk anda yang bekerja terlalu lama duduk dan memandangi komputer/laptop. Semoga membantu anda tetap produktif dan sehat dalam bekerja. (Ayu/dari berbagai sumber)

Slideshow by webdesign