24 Mar
2016

Belimbing Wuluh Mampu Atasi Hipertensi

Surabaya, eHealth. Tumbuhan belimbing wuluh sering kita jumpai dimana-mana, terkadang belimbing wuluh tumbuh liar tanpa kita ketahui di pekarangan rumah. Tumbuhan ini sering kali dipergunakan sebagai sayuran, manisan dan memasak ikan. Selain manfaat itu, belimbing wuluh dimanfaatkan untuk mengatasi Hipertensi.

Pada lomba Posyandu di Mutiara Ibu, Manukan Mulyo para kader memberikan minuman dari belimbing wuluh yang diambilkan dari kebun toga milik warga. Dikatakan oleh Rodliyah Amd. Batra Puskesmas Manukan Kulon bahwa manfaat minuman belimbing wuluh untuk mengatasi Hipertensi. ”jika dikonsumsi secara teratur belimbing wuluh mampu menurunkan hipertensi,” terangnya.

Lanjut ia mengungkapkan untuk membuat minuman belimbing wuluh caranya pun cukup mudah. Belimbing wuluh dihaluskan atau dipotong kecil, rebus belimbing wuluh hingga mendidih masukkan bunga belimbing wuluh, gula dan kayu manis ditunggu hingga semua tercampur dan mendidih lagi, kemudian matikan api lalu saring. Cara penyajiannya bisa diminum hanggat bisa juga digunakan sebagai minuman segar dengan es batu.

Bunga belimbing wuluh yang dicampurkan kedalam minuman untuk mengatasi batuk dan sariawan. Namun jika digunakan untuk mengatasi diabetes, jerawat, sakit gigi serta obat panu. Caranya berbeda, yaitu buah belimbing wuluh diparut dan di bobohkan pada bagian yang luka atau yang sakit. (Ima)