23 Jul
2017

DATUK CIPGERHAT : Kepala Puskesmas pakis drg. Puspa Kamila secara simbolis menanam pohon katuk didampingi oleh Ketua RW 8 Kelurahan Pakis dan staf Puskesmas Pakis. Gebyar Penanaman Pohon Katuk dan peluncuran Kampung ASI bertujuan untuk Datuk Cipgerhat atau Daun Katuk Ciptakan Generasi Sehat. /Foto : Andi Sahrial

Surabaya, eHealth. Puskesmas Pakis bersama masyarakat di wilayah RW 8 Kelurahan Pakis mengadakan gebyar penanaman pohon katuk dan peluncuran Kampung ASI, hari minggu pagi (23/07/2017). Kegiatan yang digelar di Balai RW 8 ini dihadiri oleh Ketua RW 8 H. Muhammad Sulton, Kepala Puskesmas Pakis drg. Puspa Kamila beserta staf Puskesmas Pakis serta kader Posyandu dan masyarakat di wilayah RW 8 Kelurahan Pakis.

Kepala Puskesmas Pakis drg. Puspa Kamila dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada RW 8 yang bersama Puskesmas berinovasi dalam gerakan penanaman bibit pohon katuk dan juga peluncuran kampung ASI. Nantinya, setiap rumah yang ada di wilayah RW 8 wajib untuk menanam pohon katuk minimal satu pohon. Dalam kesempatan yang sama pula, drg. Puspa memaparkan profil Puskesmas pakis di hadapan para undangan.

Baca juga : Daun Katuk, Daun Yang Tidak Hanya Sebatas Memperlancar ASI

Sebelum melakukan penanaman bibit pohon katuk dan peluncuran Kampung ASI, para undangan terlebih dahulu diberi pengetahuan seputar manfaat daun katuk dan berbagai cara mengolah daun katuk menjadi beragam masakan. Materi disampaikan oleh ahli gizi Puskesmas Pakis, Sulasmi, SKM, M.Kes.

Sulasmi memaparkan, selama ini banyak yang mengetahui manfaat dari daun katuk hanya sebatas memperlancar ASI saja, padahal manfaat lain dari daun berwarna hijau tua ini sangat banyak, seperti menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A, mencegah anemia, osteoporosis, dan juga sembelit.

Selain menjelaskan manfaat dan berbagi resep masakan daun katuk, ahli gizi yang pernah menjadi tenaga kesehatan teladan tingkat nasional di tahun 2009 ini juga memberikan contoh berbagai olahan masakan yang sudah tersedia di meja hidangan, seperti sayur daun katuk bening dan omelet daun katuk.

Klik : Foto-Foto Gebyar Penanaman Pohon Katuk Dan Launching Kampung ASI Di RW 8 Kelurahan Pakis

Di akhir acara, dilakukan seremoni penanaman bibit pohon katuk yang dimulai dari Ketua RW 8, Muhammad Sulton dan Kepala Puskesmas Pakis dan dilanjutkan oleh staf maupun undangan yang hadir.

Dengan adanya Kampung ASI dan juga penanaman pohon katuk ini, diharapkan warga maupun ibu menyusui dapat memanfaatkan daun katuk ini sehingga tercipta generasi sehat seperti motto yang mereka usung, yakni “Datuk Cipgerhat (Daun Katuk Ciptakan Generasi Sehat).” (And)