20 May
2017

Surabaya, eHealth. Beragam kegiatan pada Surabaya Health Season (SHS) Tahun 2017 dilakukan oleh seluruh instansi kesehatan yang ada di wilayah Kota Surabaya, salah satunya adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan makan buah dan sayur yang dilaksanakan serentak  pada hari sabtu (20/05/2017).

Kegiatan Gerakan Makan Buah dan Sayur ini yakni gerakan sosialisasi kepada masyarakat Kota Surabaya agar gemar makan buah dan sayur dengan cara mengenalkan dan juga membagikan beragam buah dan aneka sayur kepada pengunjung di instansi kesehatan masing-masing, baik Puskesmas, Rumah Sakit, Laboratorium, dll. Tujuannya agar masyarakat rutin mengkonsumsi buah dan sayur sebagai makanan sehari-hari agar mendapatkan gizi yang cukup.

Klik : Foto-Foto Grakan Makan Buah dan sayur di Puskesmas Putat Jaya

Puskesmas Putat Jaya adalah salah satu yang melaksanakan Gerakan Makan Buah dan Sayur. Sejak pagi, belasan karyawan Puskesmas yang berada di Jl. Kupang Gunung Raya No. 5 Surabaya ini menyiapkan beragam buah untuk dijadikan salad buah, jagung keju serta sayur urap-urap yang terdiri dari daun pepaya, kacang panjang, kecambah atau toge dengan dibalur parutan kelapa.

Setelah siap, aneka salad buah dan sayur urap-urap tersebut siap dibagikan kepada pasien dan pegunjung Puskesmas yang hadir. Namun sebelum dibagikan, Plt. Kepala Puskesmas Putat Jaya dr. Lolita Riamawati terlebih dahulu memberikan arahan tentang Gerakan Masyarakat Sehat dengan perilaku Cerdik di hadapan pasien.

Cerdik, ujar wanita yang akrab disapa dr. Lolita ini adalah singkatan yang menggambarkan perilaku hidup sehat, yakni C adalah Cek kesehatan secara rutin, E adalah Enyahkan asap rokok dan alkohol, R adalah Rajin berolah raga, D adalah Diet yang seimbang dengan buah dan sayur, I adalah Istirahat yang cukup, dan terakhir K adalah Kelola stres dengan baik.

Seusai memberikan arahan, dr. Lolita bersama staf Puskesmas Putat Jaya membagikan salad buah, jagung keju dan juga urap-urap kepada pasien yang datang sambil sesekali memberi nasihat. “Ini (salad buah) bagus lho untuk anaknya Pak, ayo dibikin di rumah ya nanti (sekembali dari Puskesmas, Red). Kalau mau copy resep (menu salad buah) silahkan, kita ada ahli gizi nya disini,” tukas dokter yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Sememi ini ke pasien saat menyerahkan salad buah. (And)