10 Jan
2017
Pengumuman Akreditasi 1

Raih Akreditasi Utama : Ketua Tim Surveior Puskesmas Pegirian Robertus A. Akoit tengah memberikan penjelasan kepada karyawan Puskesmas Pegirian saat penilaian akreditasi berlangsung. Puskesmas Pegirian berhak mendapatkan status akreditasi Utama. /Foto : Andi Sahrial

Surabaya, eHealth. kabar baik datang menghampiri Dinas Kesehatan Kota Surabaya di awal tahun 2017 ini. Pasalnya, dua Puskesmas yang telah menjalani penilaian akreditasi di tahun 2016 kemarin mendapatkan status akreditasi Utama.

Dua Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Jeruk dan Puskesmas Pegirian.

Hal ini berdasarkan dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI yang mengirimkan Surat Pemberitahuan Status Akreditasi kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dengan nomor surat TU.01.03/VI.14/37/2017 tanggal 04 Januari 2017 yang menetapkan Puskesmas Jeruk dan Puskesmas Pegirian mendapatkan status akreditasi Utama.

Penetapan status akreditasi Puskesmas ini berdasarkan kegiatan survei akreditasi kepada dua Puskesmas, hasil rekomendasi dari tim surveior yang bertugas, rapat kelulusan dan penetapan status akreditasi oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Selain dua Puskesmas tersebut diatas, dalam surat tersebut juga menetapkan delapan Puskesmas lain di kota/kabupaten di Jawa Timur yang mendapatkan status akreditasi, yakni Lamongan dengan empat Puskesmas, Madiun dengan satu Puskesmas dan Magetan dengan tiga Puskesmas.

Dengan adanya penetapan status akreditasi dua Puskesmas tersebut diatas, sampai saat ini berarti total terdapat 15 Puskesmas di Kota Surabaya yang telah mendapatkan status akreditasi dari 20 Puskesmas yang telah menjalani proses penilaian akreditasi.

Kelima belas Puskesmas yang terakreditasi dengan rincian Akreditasi Paripurna = 2 Puskesmas, Akreditasi Utama = 8 Puskesmas, Akreditasi Madya = 4 Puskesmas, Akreditasi dasar = 1 Puskesmas (rincian terlampir).

Seperti diketahui, yang dimaksud dengan Akreditasi adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri setelah memenuhi standar akreditasi.

Sedangkan manfaat dari akreditasi bagi Puskesmas itu sendiri adalah memberikan keunggulan kompetitif, menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas, meningkatkan pendidikan pada staf Puskesmas, meningkatkan pengelolaan resiko, membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf, dan juga meningkatkan kemanan dalam bekerja.

Ada lima status akreditasi yang diterapkan oleh Komisi Akreditasi FKTP, yang terendah yakni tidak terakreditasi, menyusul Akreditasi Dasar, lalu Akreditasi Madya, Akreditasi Utama, dan yang tertinggi adalah Akreditasi Paripurna. (And)

DAFTAR STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DI KOTA SURABAYA

*Sampai dengan 10 Januari 2017

No

Nama Puskesmas

Alamat

Status Akreditasi

 1.

Puskesmas Sememi

Jl. Raya Kendung Kecamatan Benowo

PARIPURNA

2.

Puskesmas Gayungan

Jl. Gayungsari Barat No. 124 Kecamatan Gayungan

DASAR

3.

Puskesmas Tambak Rejo

Jl. Ngaglik No, 87 Kecamatan Simokerto

MADYA

4.

Puskesmas Balongsari

Jl. Balongsari Tama No. 1 Kecamatan Tandes

PARIPURNA

5.

Puskesmas Simomulyo

Jl. Gumuk Bogo VI No 1, Kecamatan Sukomanunggal

UTAMA

6.

Puskesmas Sawahan

Jl. Raya Arjuna No. 119 Kecamatan Sawahan

MADYA

7.

Puskesmas Tanah Kali Kedinding

Jl. Kedung Cowek No. 226 Surabaya

MADYA

8.

Puskesmas Jagir

Jl. Bendul Merisi No. 1 Kecamatan Wonokromo

MADYA

9.

Puskesmas Dupak

Jl. Dupak Bangun Rejo Gg. Poliklinik No. 6 Kecamatan Krembangan

UTAMA

10

Puskesmas Pucang Sewu

Jl. Pucang Anom Timur No. 72 Kecamatan Gubeng

UTAMA

11.

Puskesmas Gunung Anyar

Jl. Gunung Anyar Timur 70, Kec. Gunung Anyar

UTAMA

12.

Puskesmas Medokan Ayu

Jl. Medokan Asri Utara IV/31, Kec. Rungkut

UTAMA

13.

Puskesmas Keputih

Jl. Keputih Tegal No 1, Kec. Sukolilo

UTAMA

14.

Puskesmas Jeruk

Jl. Raya menganti No. 277 A, Kecamatan Lakarsantri

UTAMA

15.

Puskesmas Pegirian

Jl. Karang Tembok No. 39 Kecamatan Semampir

UTAMA

 

Slideshow by webdesign