25 Mar
2017

TELITI : Salah satu surveior Akreditasi Puskesmas Gading, dr. Suparyanto, M.Kes saat melakukan telusur dokumen di bidang UKM. /Foto : Andi Sahrial

Surabaya, eHealth. Satu persatu Puskesmas di Kota Surabaya menghadapi penilaian akreditasi Puskesmas. Kali ini, selama tiga hari, empat Puskesmas yakni Puskesmas Gading, Krembangan Selatan, Manukan Kulon, dan Ketabang maju untuk menjalani penilaian akreditasi mulai tanggal 23 hingga 25 Maret 2017.

Dalam kurun waktu tiga hari tersebut, masing-masing Puskesmas dinilai oleh tim surveior terdiri dari tiga orang yang berasal dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Puskesmas Gading, salah satu Puskesmas yang berada di kawasan utara Kota Surabaya ini turut menjalani penilaian akreditasi. Tim surveior yang menilai Puskesmas Gading antara lain dr. Suparyanto, M.Kes yang menilai di bidang Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dr. Nirmala Safitri yang menilai di bidang Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Sri Ratna Astuti, SKM, M.Kes yang menilai di bidang Administrasi Manajemen (Admen).

Di hari pertama, tim surveior menilai kelengkapan dan kesesuaian dokumen di bidang masing-masing. Sedangkan di hari kedua, dr. Nirmala Safitri berkeliling Puskesmas untuk melakukan pengecekan terhadap masing-masing unit layanan kesehatan yang ada di Puskesmas Gading. Pengecekan tersebut mulai dari ruang tunggu, loket, rekam medis, hingga IPAL.

Pada penilaian akreditasi hari ketiga, diadakan wawancara dengan lintas sektor untuk mengetahui sejauh mana peran Puskesmas gading dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Dalam wawancara lintas sektor tersebut, hadir Camat Tambaksari, Lurah Gading, Lurah Dukuh Setro, serta Lurah , Koramil, kader Posyandu, kader Paliatif, dan beberapa undangan lainnya.

Dua surveior yang memandu wawancara, yakni dr. Suparyanto dan Sri Ratna Astuti bertanya seputar pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Gading, kerjasama dengan berbagai lintas sektor, hingga saran dan harapan dari lintas sektor kepada Puskesmas Gading.

BERKELILING PUSKESMAS : Dr. Nirmala Safitri (kerdudung putih) yang bertugas menilai akreditasi di bidang UKP sedang meninjau rekam medis Puskesmas Gading. /Foto Andi Sahrial.

Di tahun 2017 ini, Puskesmas Gading merupakan Puskesmas yang ketujuh yang menjalani penilaian akreditasi. Sehingga total Puskesmas di Kota Surabaya yang sudah menjalani akreditasi dari tahun 2015 sebanyak 28 Puskesmas.

Dinas Kesehatan Kota Surabaya menargetkan penilaian akreditasi untuk 63 Puskesmas akan selesai dilaksanakan di tahun 2017 ini.  Sehingga 35 Puskesmas lagi yang akan menjalani proses akreditasi di Kota Surabaya ini. (And)