24 Dec
2013

Puskesmas Lidah Kulon

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS LIDAH KULON

PROFIL PUSKESMAS LIDAH KULON

 

I.   Identitas Puskesmas

  1. Nama Puskesmas           : Puskesmas Lidah Kulon
  2. Berdiri                                 : 15 Juni 1988
  3. Alamat Puskesmas         : Jl. Raya Menganti Lidah Kulon No.05 Lakarsantri Surabaya
  4. Kode Pos                            : 60213
  5. Nomor Telpon                 : 031- 7533544
  6. Email Puskesmas            : pkmlidahkulon@gmail.com

II.     Visi Dan Misi Puskesmas Lidah Kulon

1)            VISI :

Visi yang diselenggarakan Puskesmas Lidah Kulon adalah Mewujudkan masyarakat mandiri dan peduli kesehatan

2)            MISI :

1. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau

2. Meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat

3. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat

III.     Pelayanan Di Puskesmas Lidah Kulon

1)   Jam Pelayanan  :  Pagi dan Sore

Jam Kerja Hari Senin s/d Kamis :

Pagi    :   07.30 – 14.30 WIB

Sore    :  14.30 – 17.30 WIB

Jam Kerja Hari Jum’at :

Pagi    :   07.30 – 11.30 WIB

Sore    :  14.30 – 17.30 WIB

Jam Kerja Hari Sabtu :

Pagi    :   07.30 – 13.00 WIB

2)   Persyaratan Pelayanan:

1.    Pasien Umum

Pasien umum adalah semua pasien yang berkunjung di puskesmas Lidah Kulon yang berobat dan tidak termasuk pasien non maskin, ASKES, JAMKESMAS, JAMKESMAS non kuota (SKM), JAMKESDA atau UKS. Pasien tersebut dikenakan biaya retribusi, dan jika mendapat tindakan medis lebih lanjut maka dikenakan biaya sesuai tindakan yang dilakukan dan sesuai PERDA.

2.    Pasien Non Maskin (Penduduk Asli Surabaya)

Pasien non maskin adalah semua pasien yang tidak dikenakan biaya retribusi (pendaftaran) , tetapi dengan syarat :   Pasien merupakan penduduk asli surabaya.

Membawa dan menunjukkan KTP atau KK asli Surabaya

Apabila pasien mendapat tindakan medis lebih lanjut maka dikenakan biaya sesuai tindakan yang dilakukan dan sesuai PERDA.

3.    Pasien JAMKESMAS
Pasien JAMKESMAS adalah pasien yang tidak dikenakan biaya retribusi maupun biaya tindakan medis lainnya (sesuai alokasi dan standart puskesmas). Dengan syarat :

Membawa dan menunjukkan kartu jamkesmas asli yang berlaku

Membawa dan menunjukkan KTP / KK asli

4.    Pasien JAMKESMAS Non Kuota

Pasien JAMKESMAS non kuota adalah pasien yang tidak dikenakan biaya retribusi maupun biaya tindakan medis lainnya (sesuai alokasi dan standart puskesmas). Dengan syarat :        Membawa dan menunjukkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKM) yang ditanda tangani / dilegalisir oleh kepala desa/kelurahan dan cap basah

Membawa fotokopi KTP/KK

5.    Pasien JAMKESDA

Pasien JAMKESDA adalah pasien yang tidak dikenakan biaya retribusi maupun biaya tindakan medis lainnya (sesuai alokasi dan standart puskesmas). Dengan syarat :        Membawa dan menunjukkan kartu JAMKESDA asli yang berlaku

Membawa dan menunjukkan KTP / KK asli

6.    Pasien JAMPERSAL

Pasien JAMPERSAL adalah pasien Ibu hamil atau nifas yang tidak dipungut biaya retribusi maupun biaya pemeriksaan (sesuai ketentuan JUKNIS JAMPERSAL dan standart puskesmas). Dengan syarat :  Membawa dan menunjukkan KTP/KK asli

Membuat dan menunjukkan surat pernyataan bahwa pasien tidak mendapatkan jaminan kesehatan lainnya yang ditanda tangani oleh pasien di atas materai.

7.    Pasien ASKES

Pasien ASKES adalah pasien yang terdaftar menjadi peserta ASKES, pasien ini tidak dikenakan biaya retribusi maupun biaya tindakan medis lainnya (sesuai ketentuan dari PT.ASKES dan standart puskesmas). Dengan syarat :        Membawa dan menunjukkan kartu peserta ASKES yang berlaku

Termasuk dalam database pasien askes yang masuk wilayah puskesmas lidah kulon yang dikirim dari PT ASKES PERSERO.

8.    Pasien anak sekolah (UKS)

Pasien UKS adalah pasien yang tidak dikenakan biaya retribusi, dengan syarat :        Pasien adalah pelajar (aktif) di sekolah dalam wilayah kerja puskesmas lidah kulon

Membawa dan menunjukkan surat/buku keterangan bahwa pasien perlu pemeriksaan/pengobatan yang ditanda tangani oleh guru UKS sekolah.

3)   Biaya Pelayanan Loket / Retribusi :

Pelayanan Pagi Rp. 5000,-

Pelayanan Sore Rp. 10.000,

4)   Jenis Layanan

1.      Poli Umum Melayani :

Pemeriksaan dan pengobatan sesuai stsandart puskesmas

Perawatan luka dan operasi kecil

Pemeriksaan dan pengobatan anak sekolah (UKS)

Khitan (sunat)

Pemeriksaan dan pengobatan pasien TBC

Pemeriksaan dan pengobatan pasien kusta

Pemeriksaan kesehatan bagi jama’ah haji

Pemeriksaan kesehatan untuk melamar pekerjaan, masuk sekolah dan lain sebagainya.

Pemeriksaan jenazah

2.    Poli Gigi Melayani :

Pemeriksaan dan pengobatan gigi sesuai dengan standart puskesmas

Pencabutan gigi permanen dan sulung

Tambal gigi sementara dan permanen

Pembersihan karang gigi

Pemeriksaan dan pengobatan gigi pada anak sekolah (UKGS)

3.    Poli Kesehatan Ibu Dan Anak Melayani :

Pemeriksaan dan konsultasi kehamilan (Antenatal Care)

Pemeriksaan ibu nifas setelah melahirkan

Pemeriksaan bayi (neonatus)

Imunisasi lengkap bagi bayi

Melayani pemeriksaan dini kanker mulut rahim (IVA)

Kelas ibu hamil

Kelas ibu balita

4.    Poli KB (Keluarga Berencana) Melayani :

Konsultasi penggunaan alat kontrasepsi yang tepat

Melayani suntik KB dan Pil KB

Pemasangan IUD

Pemasangan Implan

Menyediakan alat kontrasepsi kondom

5.    Laboratorium Melayani :

Pemeriksaan darah lengkap

Pemeriksaan WIDAL

Pemeriksaan golongan darah

Pemeriksaan gula darah (diabet)

Pemeriksaan asam urat dalam darah

Pemeriksaan kolesterol dalam darah

Melayani tes kehamilan

Pemeriksaan kencing (urine lengkap)

Pemeriksaan dahak (BTA)

6.    Unit Pelayanan Obat

Menyediakan obat sesuai dengan resep dan standart Puskesmas.

7.    Konsultasi Gizi Melayani :

Konsultasi gizi bagi bayi dan balita

Konsultasi diet gizi bagi penderita penyakit seperti hypertensi, diabet dan penyakit lainnya.

Kelas ibu pintar

8.    Unit Sanitasi (Kesehatan Lingkungan) Melayani :

Penanganan pencegahan penyakit demam berdarah (3M dan foging)

Konsultasi tentang kesehatan lingkungan dan dampaknya bagi kesehatan manusia

9.    Unit Promkes (Promosi Kesehatan) Memberikan informasi dan pendidikan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat, guna peningkatan mutu kesehatan.

IV.     Program Puskesmas1)   Pengendalian Penyakit

v Pengendalian penyakit TBC (Contact tracing)

v Penyuluhan penyakit TBC

2)   Wabah dan Bencana

v Sweeping – BLF

v Bias Campak

v Sub PIN Difteri

3)   Kesehatan Gigi

v UKGS

v UKGMD

4)   Kesehatan Ibu dan Anak

v Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak ( PWS KIA )

v Pelacakan kematian Ibu, Bayi dan Balita di wilayah kerja Puskesmas Lidah Kulon

v Sweeping sasaran kesehatan ibu anak dan KB di wilayah Puskesmas Lidah Kulon

v Kelas Ibu Hamil

v Kelas Ibu Balita

5)   Keluarga Berencana

v Penyuluhan KB (IVA)

v Penyuluhan Kesehatan Reproduksi

6)   Pelayanan Kesehatan Khusus

v Kunjungan rumah dan perawatan pasien Paliatif

7)   Promosi Kesehatan

v Pembinaan Kelurahan Siaga

v Pengkajian PHBS tiap RT

v Pembinaan posyandu balita

v Survei Mawas Diri

v Musyawarah Masyarakat Desa

8)   Upaya Kesehatan Lingkungan

v Verifikasi Kelurahan ODF

v Inspeksi sanitasi Depot Air Minum (DAM)

v Inspeksi sanitasi Sarana air minum non perpipaan

v Inspeksi sanitasi Kantin Sekolah dan PKL

v Inspeksi sanitasi tempat-tempat Umum dan Institusi

v PSN

9)    Upaya Kesehatan Gizi

v Kelas Kelompok Ibu Pintar Balita Sehat

v Pemantauan Status Gizi Balita (Penimbangan Serentak)

v Sweeping/ Pelacakan Kasus Gizi Buruk di wilayah kerja Puskesmas Lidah Kulon

v Survey Monitoring Garam

10)   Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat

v Posyandu Balita

v Posyandu Lansia

v Penggerakan BUMANTIK dan WAMANTIK

v Penggerakan Kader Paliatif

11)   Upaya Kesehatan Lainnya dan Manajemen Puskesmas

v Upaya Kesehatan Kerja

v Upaya Kesehatan Sekolah :

v Pemeriksaan Berkala pada anak sekolah

v Screening pada anak sekolah

v Minilokakarya bulanan (manajemen Puskesmas)