03 May
2013

Pkm Dupak

Pkm Dupak

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS DUPAK

VISI PUSKESMAS

“Puskesmas dengan pelayanan prima untuk mencapai wilayah Dupak Sehat”

MISI PUSKESMAS

  1. Melaksanakan pelayanan kesehatan yang bermutu berdasarkan harapan dan kebutuhan masyarakat.
  2. Memelihara dan meningkatkan mutu, pemerataan serta keterjangkauan pelayanan kesehatan.
  3. Melaksanakan program dan upaya kesehatan secara profesional.
  4. Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dupak.

MOTO PUSKESMAS

“Pelayananku Sepenuh Hati”

JENIS PELAYANAN PUSKESMAS

Jenis pelayanan kesehatan di Puskesmas Dupak adalah sebagai berikut:

  1. Poli Umum
    Health education tentang berbagai macam penyakit kepada pengunjung dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dupak, pemeriksaan fisik dan penyakit, surveilans harian penyakit potensial wabah, penanganan kasus kegawatdaruratan (UGD 24 jam) dilengkapi dengan fasilitas suction, nebulizer, ECG, dan alat medis lainnya.
  2. Poli Gigi
    Health education tentang kesehatan gigi baik anak maupun dewasa kepada pengunjung dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dupak, perawatan gigi, penambalan serta pencabutan gigi, pembersihan karang gigi. Poli Gigi Puskesmas Dupak dilengkapi dengan fasilitas dental unit beserta LCD monitor sejumlas 2 buah.
  3. Poli K.I.A/KB
    Health education kepada pengunjung dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dupak; pemeriksaan kehamilan; imunisasi; pemberian tablet Fe; deteksi dini tumbuh dan kembang bayi serta balita; manajemen terpadu balita sehat; pemantauan wilayah setempat (PWS) untuk program KIA, imunisasi dan KB; pemeriksaan IVA (see and treat), pelayanan nifas dan KB.
  4. Unit Laboratorium
    Cek laboratorium untuk mengontrol kesehatan seperti pemeriksaan Hb, UL, GDA, kolesterol, widal, trombosit, PVC/Hematokrit, golongan darah, SPS/BTA/pemeriksaan dahak untuk suspect TB Paru, tes kehamilan, DL, rapid test dan lainnya.
  5. Unit Apotek
    KIE tentang fungsi dan cara konsumsi obat yang diberikan kepada pengunjung dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dupak, penyediaan dan pelayanan pemberian obat ARV.
  6. Poli Gizi
    Konsultasi masalah gizi, health education tentang gizi kepada pengunjung dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dupak, koordinasi dan revitalisasi posyandu balita, pemberian makanan tambahan (PMT) balita, deteksi dini serta penanganan kasus balita gizi kurang/buruk/lebih, pemberian vitamin A pada bayi dan balita, pemberian tablet Fe ke wanita usia subur (WUS) termasuk ibu hamil, pemantauan pola konsumsi keluarga, penilaian status gizi bayi dan balita.
  7. Unit Sanitasi
    Konsultasi masalah sanitasi, pengkajian dan intervensi PHBS pada rumah tangga dan institusi, pengawasan dan pengendalian terhadap (kualitas air, tempat–tempat umum, serta penyehatan lingkungan pemukiman), pembinaan pengelola penjamah makanan, pemeriksaan jentik berkala, fogging, pengendalian vektor dengan abatesasi, health education tentang kesehatan lingkungan (PHBS, DBD, dll) kepada pengunjung dan masyarakat, pemicuan dan monitoring evaluasi program BABS, serta pemberdayaan kader toga dalam penanaman bunga lavender guna pencegahan kasus DBD di wilayah kerja Puskesmas Dupak.
  8. Pelayanan Dokter Spesialis Anak
    Pelayanan dokter spesialis anak bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ke masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dupak. Fasilitas tersebut dibuka setiap hari Sabtu pukul 08.00 – 11.30 WIB, pelayanan disediakan untuk konsultasi kesehatan penyakit anak, pemeriksaan dan pengobatan.
  9. Pelayanan Dokter Spesialis Obgyn
    Pelayanan disediakan untuk konsultasi dan pemeriksaan rutin untuk menjaga kesehatan kehamilan, serta pelayanan USG (disediakan oleh dokter spesialis obgyn). Fasilitas tersebut dibuka setiap hari Selasa pukul 09.00 – 12.00 WIB.
  10. Rawat Inap Umum dan Bersalin
    Puskesmas Dupak menyediakan pelayanan 24 jam untuk fasilitas rawat inap umum dan bersalin. Rawat inap umum melayani penatalaksanaan penyakit dan perawatan pasien dewasa, anak dan bayi. Sedangkan untuk rawat inap bersalin, menyediakan pelayanan persalinan normal dengan fasilitas dokter spesialis, bidan profesional, infant warmer, dan lainnya.
  11. Puskesmas Keliling
    Tujuan: meningkatkan jangkauan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan
    Sasaran: masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dupak
    Kegiatan: pengobatan umum untuk anak dan dewasa, layanan K.I.A (imunisasi, KB, pemeriksaan kehamilan) dan pemeriksaan laboratorium (gula darah dan asam urat)
    Jumlah: puskesmas keliling dilaksanakan di 3 lokasi, yaitu di RW 1, RW 2 dan RW 3 Dupak.