11 Aug
2016

Utamakan Kesehatan Ibu Saat Hamil

Surabaya, eHealth. Posyandu adalah salah satu pilar kesehatan masyarakat. Berawal dari Posyandu, kesehatan seseorang sudah dapat dipantau sejak dini. Keterlibatan individu yang kompeten sangat dibutuhkan Posyandu agar dapat mensejahterakan dan menyehatkan masyarakat. Adanya Pemilihan Kader Posyandu Teladan dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk makin semangat menunaikan tugasnya di Posyandu.

Salah satu nominasi Pemilihan Kader Posyandu Teladan Tahun 2016 adalah Hj. Erna Yuliaty, yang aktif di Posyandu Mawar 3, Gunung Anyar Tengah Gg. 7/16. Tim juri yang terdiri dari Wahana Visi, Akademi Gizi Surabaya, PKK Kota Surabaya dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengunjungi Posyandu tersebut pada hari Kamis, 11 Agustus 2016 untuk mengevaluasi kemampuan dan inovasi Hj. Erna dalam keterlibatannya di kegiatan-kegiatan Posyandu.

Pada kunjungan tim juri tersebut, di Posyandu turut hadir Kepala Puskesmas Gunung Anyar drg. Ni Made Sariyani Dusak, Ibu Lurah Gunung Anyar, serta para kader dan lintas sektor. Kerjasama di antara para bidang ini terbilang sangat baik dan saling mendukung.

Tema yang diunggulkan oleh Hj. Erna adalah Kesehatan Ibu Hamil. Oleh sebab itu beliau pun menyajikan penyuluhan terkait kehamilan kepada ibu-ibu yang datang berkunjung, yang kebanyakan di antara mereka sedang hamil.

Wanita yang selalu mengutamakan sholat sebelum beraktifitas tersebut juga diminta para juri menunjukkan peran sertanya dalam melakukan rangkaian kegiatan di posyandu mulai dari pendaftaran, penimbangan, dan seterusnya. Meskipun ada sedikit kekeliruan saat proses menimbang, namun Hj. Erna tetap bersemangat melakukan prosesnya sampai selesai.

Nominasi lain untuk Pemilihan Kader Posyandu Teladan Tahun 2016 adalah Siti Rochayati (Kelurahan Pegirian), Yuli Pudjiastuti (Kelurahan Embong Kaliasin), Amalia Lisanti (Kelurahan Jemur Wonosari), Sugiati (Kelurahan Tambakwedi), dan Nujum Asadiyah (Kelurahan Tenggilis Mejoyo). (Fns)