31 Jan
2013

IMG_0014Surabaya, eHealth. Hari Jumat, (31/01), Suasana kantor Kelurahan Rungkut Kidul tampak berbeda dari biasanya. Terlihat puluhan ibu-ibu PKK dan kader Posyandu tengah mempersiapkan kedatangan tim penilai Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur yang akan melakukan kunjungan lapangan.

Kedatangan tim penilai yang diketuai oleh dr. Sophiarti, M.Kes disambut hangat oleh Ketua TP PKK Kota Surabaya, Dyah Katarina, S.Psi, Lurah Rungkut Kidul, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Diawali dengan paparan tentang program lingkungan bersih dan sehat oleh Ketua TP PKK Kelurahan Rungkut Kidul, Winasih Suprayitno yang menyampaikan beberapa program, diantaranya adalah rumah kompos, bank sampah, water treatment, kerajinan daur ulang, pembibitan tanaman, Toga, urban farming serta mesin pencacah plastik.

”Rumah kompos ini adalah kerjasama warga Rungkut Kidul dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Begitu juga bank sampah, tong komposter dan program-program lainnya tersebut,” ujar Winasih dalam paparannya.

Setelah mendapatkan paparan dari Winasih, tim juri langsung meninjau ke lokasi, seperti rumah kompos, rumah sehat, Pos Kesehatan Kelurahan, serta beberapa tempat lain yang masuk ke dalam program lingkungan bersih dan sehat.

“Masyarakat di RW 9 dan 10 sangat guyub dan rukun meski letaknya berada di lingkungan perumahan yang kebanyakan adalah orang pekerja dan pendatang dari berbagai kota, hal ini bisa dijadikan contoh,” terang Dyah Katarina saat ditemui oleh tim eHealth.

Dengan lomba ini di harapkan nantinya dapat menjadi pemicu bagi RW lain menjadi lingkungan yang bersih dan sehat. (Ima)