03 Feb
2017
Lomba LBS 1

Pengolahan Limbah Air Selokan : Seorang warga RW 7 Kelurahan genteng menjelaskan mekanisme pengolahan air limbah selokan menjadi air bersih saat penilaian lomba Lingkungan Berish dan Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur. /Foto : Andi Sahrial

Surabaya, eHealth. Kelurahan Genteng Kecamatan Genteng menjadi wakil Kota Surabaya untuk menjalani penilaian Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017. Hal ini ditandai dengan kunjungan tim juri Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat ke wilayah yang berada di jantung Kota Surabaya ini, hari Jumat pagi (03/02/2017).

Kunjungan tim dari Provinsi Jawa Timur ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi di lapangan terkait lingkungan bersih dan sehat, apakah sesuai dengan dokumen yang diajukan kepada tim juri lomba atau tidak.

Dalam kunjungan tim juri ini disambut oleh beberapa Kepala SKPD Pemkot Surabaya, antara lain dari Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Camat dan Lurah Genteng, serta anggota TP PKK Kota Surabaya dan Kelurahan Genteng.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Surabaya Nanis Chairani dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya kepada tim juri bahwa Pemkot Surabaya merasa terhormat karena Kelurahan Genteng, tepatnya di lingkungan RW 5, 7 dan 8 ini dapat mewakili Kota Surabaya untuk maju dalam penilaian Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat. Dengan lomba ini tentunya semakin memicu masyarakat Surabaya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Banyak upaya yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Genteng dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, baik secara fisik maupun sumber daya manusianya, seperti yang diutarakan oleh Ketua TP PKK Kelurahan Genteng Wahyuningsih dalam paparannya di hadapan tim juri. Upaya tersebut yakni penyuluhan tentang lingkungan bersih, mengadakan pelatihan ketrampilan bagi warga Kelurahan Genteng, penerapan kesehatan keluarga, remaja dan masyarakat, penanaman nilai budaya literasi dan menghidupkan kembali permainan tradisional.

Atas kinerja dari berbagai lintas sektor termasuk TP PKK, Kelurahan Genteng beberapa kali menyabet penghargaan terkait lingkungan sehat serta meraih best of the best kampung literasi tingkat Kota Surabaya di tahun 2016.

Lomba LBS 2

Asri : Suasana Kampung Genteng Candirejo yang rindang oleh pepohonan dan juga bersih sehingga nyaman untuk ditinggali. /Foto : Andi Sahrial.

Setelah dilakukan penyambutan, tim juri berkeliling ke beberapa tempat di tiga RW di lingkungan Kelurahan Genteng untuk melihat inovasi warga dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat, diantaranya adalah tempat pengolahan limbah air selokan menjadi air bersih yang dapat digunakan untuk mencuci dan kebutuhan lainnya, tanaman hidroponik warga, urban farming, kolam budidaya ikan, hingga stan pameran kerajinan, makanan dan minuman yang dibuat oleh warga Kelurahan Genteng.

Alhasil, tim juri pun dibuat kagum dengan berbagai inovasi dari warga Kelurahan Genteng demi mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. (And)