21 Feb
2018

Surabaya, eHealth. Dinas Kesehatan Kota Surabaya kembali menyelenggarakan pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan. Kegiatan yang bertujuan untuk memilih para tenaga kesehatan teladan tingkat Kota Surabaya yang nantinya akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Timur ini dimulai dengan tes tulis para kandidat tenaga kesehatan teladan.

(Klik: Foto-Foto Pelaksanaan Tes Tulis Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kota Surabaya Tahun 2018)

Pelaksanaan tes tulis tenaga kesehatan teladan sebagai awal dari tahap penilaian ini bertempat di Gedung Graha Arya Satya Husada Dinas kesehatan Kota Surabaya, hari Selasa (21/02/2018). Ratusan peserta berasal dari empat kategori, yakni yaitu pertama tenaga medis terdiri dari dokter dan dokter gigi di Puskesmas, kedua tenaga keperawatan yang terdiri dari perawat dan perawat gigi dan bidan, ketiga tenaga kesehatan masyarakat yang diikuti oleh tenaga Sanitarian (Epidemiologi kesehatan, entomologi kesehatan, penyuluhan kesehatan, asisten apoteker dan pranata laboratorium kesehatan) dan yang terakhir tenaga gizi yang diikuti oleh tenaga nutrisionis.

Nantinya, bagi peserta yang lulus tes tulis akan menjalani beberapa penjurian lagi, seperti wawancara dan paparan program inovasi dari masing-masing peserta, hingga kunjungan tim penilai ke Puskesmas dan rumah peserta tenaga kesehatan teladan ini.

Pemilihan tenaga kesehatan teladan tingkat Kota Surabaya ini bukan tanpa dasar. UU No. 43 Tahun 1999 Pasal 28 menyebutkan bahwa untuk menjamin objek dalam mempertimbangkan pengangkatan dalam jabatan dan kenaikan pangkat serta penilaian prestasi kerja. Salah satu bentuk prestasi seorang pegawai adalah menjadi pegawai teladan.

Tujuannya yaitu sebagai pembinaan pegawai yang obyektif dan berkesinambungan serta terpilihnya pegawai teladan yang selektif, komprehensif dan obyektif. Juga untuk meningkatkan motivasi, dedikasi dan loyalitas serta meningkatkan prestasi kerja.

Selain itu juga untuk meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan kesehatan strata pertama dan meningkatkan minat Nakes bekerja di Puskesmas, serta meningkatkan profesionalisme Nakes dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. (And)