07 Aug
2018

Terkagum Melihat Fasilitas di Command Center

Surabaya, eHealth. Surabaya masuk nominasi Lomba Kota Ramah Lansia tingkat Provinsi Jawa Timur. Tim juri pun datang mengunjungi berbagai lokasi yang berhubungan dengan kesejahteraan lansia di Kota Pahlawan.

Kabid Kesmas drg. Yohana Sussie Emissa menyalami para lansia di Griya Wedha, Kelurahan Jambangan, Selasa (7/8). /fns

Tim juri yang beranggotakan 11 orang tersebut diterima oleh Kadinsos Kota Surabaya Drs. Supomo, MM didampingi oleh Kadinkes Kota Surabaya drg. Febria Rachmanita di Ruang Rapat Otonomi Daerah kemarin (7/8). Maksud kehadiran tim juri adalah melakukan kunjungan lapangan dalam rangka memberi penilaian terhadap Kota Pahlawan tentang kelayakannya menjadi Kota Ramah Lansia.

Oleh karena kaitannya dengan lansia maka lokasi-lokasi yang dikunjungi adalah Posyandu Lansia ‘Camar’ di Kelurahan Balongsari, Poli Santun Lansia di Puskesmas Balongsari, Rumah Veteran Pakal, Command Center 112, Taman Lansia, dan Griya Wedha di Kelurahan Jambangan. Juri ingin mengetahui apakah Kota Surabaya benar-benar memfasilitasi lansianya dengan sangat baik.

Tim juri menunjukkan keterkesanan mereka karena tempat-tempat yang dikunjungi memang menunjukkan betapa pedulinya Kota ini terhadap kebahagiaan lansia di hari tuanya. Misalnya aneka warung makanan yang dikelola oleh lansia di wilayah Rumah Veteran Pakal, fasilitas permainan dan olahraga khusus lansia di Taman Lansia, serta kamar-kamar dan ruangan yang layak bagi lansia di Griya Wedha. Disini para lansia bebas beraktifitas positif, bermain, bercengkrama, terdapat ruang kesehatan dan periksa khusus, dan menerima relawan-relawan muda dari pihak ketiga untuk mendampingi lansia.

Di Command Center pun juri berkesempatan melihat-lihat Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dan Ruangan ABK yang ditujukan untuk tempat ‘curhat’ bagi warga yang butuh dukungan psikologis kepada ahlinya. Semoga dengan adanya beragam fasilitas ini maka Surabaya berhak meraih prestasi sebagai pemenang Lomba Kota Ramah Lansia tingkat Provinsi Jawa Timur.  (Fns)