15 Jun
2017

Surabaya, eHealth. Lima Puskesmas di Kota Surabaya yang telah menjalani proses penilaian akreditasi di bulan Maret – April 2017 lalu akhirnya mendapat pengumuman nilai akreditasi. Hal ini tertuang dalam surat yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI nomor surat : TU.01.03/VI.14/569/2017 yang ditujukan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur tentang Daftar Status Kelulusan Akreditasi Puskesmas di Provinsi Jawa Timur.

Kelima Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Manukan Kulon dengan status akreditasi Utama, Puskesmas Gading dengan status akreditasi Madya, Puskesmas Ketabang dengan status akreditasi Madya, Puskesmas Krembangan Selatan dengan status akreditasi Utama, dan Puskesmas Kenjeran dengan status akreditasi Madya.

Dengan terbitnya surat tersebut, kini Puskesmas di Kota Surabaya yang telah mendapatkan status akreditasi berjumlah 29 Puskesmas dari 63 Puskesmas.

Perlu diketahui, yang dimaksud dengan Akreditasi adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri setelah memenuhi standar akreditasi.

Sedangkan manfaat dari akreditasi bagi Puskesmas itu sendiri adalah memberikan keunggulan kompetitif, menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas, meningkatkan pendidikan pada staf Puskesmas, meningkatkan pengelolaan resiko, membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf, dan juga meningkatkan kemanan dalam bekerja.

Ada lima status akreditasi yang diterapkan oleh Komisi Akreditasi FKTP, yang terendah yakni tidak terakreditasi, menyusul Akreditasi Dasar, lalu Akreditasi Madya, Akreditasi Utama, dan yang tertinggi adalah Akreditasi Paripurna. (And)