04 Dec
2014

Surabaya, eHealth. Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya kembali mengadakan Bakti Sosial (Bsksos) kesehatan terintegrasi. Baksos kali ini di adakan di Gunung Anyar Tambak RT1 RW 3 Surabay, hari Kamis (4/12).

Dalam Baksos, hadir Wali Kota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, untuk menyapa langsung warga kota Surabaya. Dalam sambutannya ia mengatakan kepada warga, jika ada lansia dan anak-anak yang terlantar untuk segera melapor kepada Pemerintah Kota untuk segera ditangani. ”Sekarang ini tidak boleh lagi ada yang tidak sekolah,” terangnya.

Ia pun memberikan semangat bagi anak-anak Gunung Anyar untuk rajin bersekolah dan belajar. ”kalian harus rajin, karena kesuksesan itu tergantung dari kalian sendiri, bukan ditentukan dari mana kalian berasal, tidak ditentukan oleh baju bagus, sepatu bagus, kalian tidak punya bagus tidak apa-apa yang penting punya seragam, sudah itu modal kalian untuk sukses,” ungkapnya.

Acara Baksos itu selain untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis juga sebagai peningkatan kepedulian dan peran aktif pemerintah serta masyarakat sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat.

Kegiatan Baksos itu untuk memberikan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatannya yaitu pengobatan umum, pemeriksaan dan pengobatan Lansia, pemeriksaan dan pengobatan gigi, konsultasi dan penyuluhan gigi, pemeriksaan ibu hamil. Juga pemeriksaan Laboratorium gula darah acak, cholesterol dan asam urat, skrining Katarak, konsultasi dan promosi kesehatan dan pendataan BPJS.

Selain pelayanan kesehatan gratis, SKPD lain juga memberikan pelayanannya yaitu Dinas Pendidikan memberikan informasi pendaftaran anak usia sekolah yang tidak sekolah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memberikan pelayanan administrasi kependudukan,Dinas Tenaga Kerja memberikan Informasi lowongan pekerjaan dan promosi pelatihan.

Hadir juga dari Dinas Sosial untuk memberikan informasi mengenai bantuan terhadap orang terlantar yang sakit dan menyiapkan ambulans dan kursi roda untuk sarana transportasi pasien, Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah memberikan informasi mengenai kebutuhan rumah susun dan informasi mengenai masalah pemukiman kumuh, Dinas Pertanian memberikan informasi mengenai peningkatan nilai ekonomis masyarakat melalui gerakan Urban Farming, pembagian Bibit tanaman.

Dinas Pemuda dan Olah Raga untuk mensosialisasikan penyediaan saranan prasarana olah raga, Dinas Perdagangan dan Perindustrian memberikan informasi pengurusan pelayanan izin usaha, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang memberikan informasi pengurusan pelayanan izin mendirikan bangunan dan Dinas Komunikasi dan Informasi meberikan informasi akses penggunaan internet, pelayanan keluhan dan pengaduan masyarakat melalui media center, mengaktifkan kembali e-sapa warga.

Turut hadir Dinas PU Bina Marga dan Pematusan untuk memberik pelayanan keluhan dan pengaduan masyarakat terkait pembangunan jalan atau paving, genangan, saluran dan jembatan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk sosialisasi administrasi pemakaman, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan untuk menjelasankan tentang IMB dan PBB,

Selain itu, hadir juga Badan Arsip dan Perpustakaan menyediakan layanan perpustakaan, Bapemas KB memberikan pelayanan KB dan pameran produk unggulan Kelompok Swadaya Masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Surabaya untuk mensosialisasikan Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan memberi pelayanan pendaftaran peserta BPJS mandiri.

Dalam baksos tersebut, warga sangat antusias memanfaat pelayanan kesehatan dan pengurusan surat-surat yang di butuhkan oleh warga. (Ima)