Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya

IMG_6314resize

dr. Esty Martiana Rachmie berfoto bersama Plt. Kadinkes baru drg. Febria Rachmanita beserta Kepala Bidang dan Seksi Dinkes Kota Surabaya. (And)

Surabaya, eHealth. Setelah tujuh tahun mengemban amanah sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, kini dr. Esty Martiana Rachmie memasuki masa purna tugas per tanggal 28 Maret 2013. Sebagai ungkapan rasa terima kasih, seluruh karyawan Dinas Kesehatan, Puskesmas se-Surabaya, serta organisasi dan perhimpunan masyarakat di bidang kesehatan mengadakan silaturahmi dengan dr. Esty yang bertempat di Graha Arya Satya Husada Dinkes Kota Surabaya, (26/04/2013).

Dalam acara silaturahmi yang bisa disebut momen perpisahan ini, dr. Esty yang akrab disapa bunda menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh karyawan Dinkes Kota Surabaya serta organisasi bidang kesehatan yang bersama-sama membangun masyarakat yang sehat di Kota Surabaya. Beliau sadar bahwa tidak akan mungkin dapat terwujud membangun masyarakat yang sehat tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak.

Selain itu, dr, Esty juga mengucap rasa syukur karena selama selama mengemban amanah sebagai Kadinkes tidak menemui permasalahan berarti. “Karena sebagai seorang pemimpin banyak sekali tantangan yang dihadapi,” ujarnya saat memberikan sambutan dihadapan seluruh undangan yang hadir.

Selama kurun waktu tujuh tahun memimpin instansi pemerintah yang beralamat di Jl. Raya Jemursari No. 197 ini. Banyak gebrakan yang dihasilkan oleh dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada ini. Salah satunya adalah disahkannya Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2008 Tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Merokok (KTR dan KTM). Selain itu juga adanya 25 Puskesmas di kota pahlawan ini yang telah mengantongi standar internasional ISO 9001:2008 sehingga pelayanan yang diberikan oleh 25 Puskesmas tersebut pun telah berstandar internasional.

Adanya pelayanan dokter spesialis, Pelayanan Pengobatan Tradisional (Battra), Poli Santun Lansia, Poli Jiwa, Poli Psikologi, dan beberapa pelayanan inovatif lainnya di Puskesmas Surabaya juga merupakan inovasi yang dihasilkan oleh Dinkes Kota Surabaya di era kepemimpinannya.

Perjalanan Karir

Sebelum menjadi Kepala Dinas Kesehatan, ibu tiga anak dan dua cucu ini memulai perjalanan karirnya menjadi Kepala Puskesmas Manukan Kulon tahun 1990 sampai 1997, lalu pindah tugas menjadi Kepala Puskesmas Gayungan periode tahun 1997 – 2000.

Pertengahan tahun 2000, istri dari (Alm) Ainur Rofiq ini dipercaya menjabat sebagai Kepala Bidang P2P (Pencegahan, Pemberantasan Penyakit) Dinkes Kota Surabaya hingga akhirnya adanya Surat Keputusan Walikota yang mengamanahkan dr. Esty Martiana Rachmie mengemban tugas menjadi Kepala BKKBN Kota Surabaya di tahun 2004.

Hingga akhirnya, di tahun 2005, wanita yang merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 28 Maret ini kembali lagi ke Dinkes Kota Surabaya untuk mengemban amanah sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Selain di instansi pemerintahan, dr. Esty juga memiliki segudang aktifitas di organisasi Muhammadiyah sebagai Ketua Aisyiyah Wilayah Jawa Timur.

Plt Kadinkes Baru

Setelah purna tugas, pucuk pimpinan Dinas Kesehatan Kota Surabaya kini diemban oleh drg. Febria Rachmanita sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Saat ini, dokter gigi yang akrab disapa drg. Feny ini menjabat sebagai Direktur RSUD Dr. Soewandhie.

Sebagai Plt. Kadinkes yang baru, drg. Feny bukan orang baru di lingkup Dinkes Kota Surabaya. Sebelum menjabat sebagai Direktur RSUD Dr. Soewandhie, beliau merupakan Sekretaris Dinkes Kota Surabaya.

Kini, melalui tangan dinginnya, diharapkan  Dinkes Kota Surabaya terus dapat mengembangkan kinerja dan inovasi demi terwujudnya masyarakat Kota Surabaya sehat. Terima kasih atas pengabdian dr. Esty Martiana Rachmie dan selamat bertugas drg. Febria Rachmanita. (And)