13 Dec
2016
Kunjungan Unair 1

Praktek di Puskesmas : Kepala Seksi Diklat SDM Kesehatan Dinkes Kota Surabaya Hariyanto, SKM, M.Kes saat memberikan arahan kepada mahasiswa FK Unair sebelum terjun ke Puskesmas untuk menjalani praktek lapangan. /Foto : Andi Sahrial

Surabaya, eHealth. Sebanyak 68 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya berkunjung ke Dinas Kesehatan Kota Surabaya, hari Selasa (13/12/2016). Kunjungan ke instansi yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari No. 197 ini sebagai bagian dari program praktek mahasiswa pendidikan dokter tahap profesi yang sedianya akan ditempatkan di beberapa Puskesmas di Kota Surabaya.

Dalam kunjungan ini, Kepala Seksi Pendidikan dan Pelatihan SDM Kesehatan Dinkes Kota Surabaya Hariyanto, SKM, M.Kes menerima langsung rombongan mahasiswa yang identik dengan almamater biru tua nya ini.

Dalam paparannya, Hariyanto menyampaikan profil Dinas Kesehatan Kota Surabaya secara umum sebelum ke materi berikutnya. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa yang hendak praktek di Puskesmas yang telah ditunjuk dapat mengerti alur proses pelaksanaan serta inovasi pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas tersebut.

Setelah pemaparan dari Hariyanto, mahasiswa calon dokter ini dibagi per kelompok untuk melaksanakan diskusi mengenai berbagai ragam permasalahan kesehatan, jenis pelayanan berdasarkan bidang yang akan mereka lakoni di Puskesmas.

Kelompok tersebut dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh staf Dinkes Kota Surabaya berdasarkan jenis programnya, antara lain program Kesehatan Ibu dan Anak / Keluarga Berencana (KIA/KB), Gizi, Promosi Kesehatan, Balai Pengobatan dan Gawat Darurat, Pencegahan Penyakit, Pencegahan Penyakit, dan terakhir program Kesehatan Lingkungan.

Kunjungan Unair 2

Program Gizi : Staf Bidang Pelayanan Kesehatan Ridzotullahmad Nurhakim menjelaskan program Gizi kepada mahasiswa FK Unair saat diskusi kelompok. /Foto : Andi Sahrial.

Para mahasiswa Unair ini sedianya akan menjalani prakekĀ  mahasiswa pendidikan dokter tahap profesi di Puskesmas yang dibagi menjadi dua gelombang, yakni tanggal 19 Desember 2016 hingga 7 Januari 2017 dan 26 Desember 2016 hingga 14 Januari 2017.

Sedangkan Puskesmas yang akan menjadi tempat praktek para mahasiswa ini adalah Puskesmas Balongsari, Medokan Ayu, Manukan Kulon, Jagir, Gunung Anyar, Banyu Urip, Krembangan Selatan, Tanjungsari, Tanah Kali Kedinding, dan Puskesmas Dupak. (And)