28 Jul
2018

PERIKSA GIGI : Warga stren Kali Jagir bergantian memeriksakan kesehatan giginya saat kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan gigi gratis memperingati Hari Jadi SBH Ke-33. /Foto: Andi Sahrial.

Surabaya, eHealth. Perayaan hari jadi tidak harus dilakukan dengan cara hura-hura. Namun bisa juga menjadikan perayaan sebagai bukti bakti ke masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh adik-adik Saka Bakti Husada (SBH) Kota Surabaya yang merayakan Hari Jadi Saka Bakti Husada ke-33 dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan gigi gratis bagi warga stren Kali Jagir, hari Sabtu (28/07/2018).

Bersama Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Surabaya, SBH Kota Surabaya melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan diawali kunjungan dari rumah ke rumah warga stren Kali Jagir untuk memberi penyuluhan singkat tentang kesehatan gigi sekaligus memberitahukan bahwa ada kegiatan bakti sosial yang bertempat di balai pertemuan warga.

Sebanyak 14 dokter gigi dari PDGI Kota Surabaya bergantian memeriksa kondisi kesehatan gigi warga stren Kali Jagir. Beragam keluhan terkait gigi disampaikan warga, mulai dari ada karies pada gigi hingga gigi yang berlubang.

Seusai bakti sosial pelayanan kesehatan gigi ke warga stren Kali Jagir selama empat jam, adik-adik SBH Kota Surabaya melanjutkan kegiatan tasyakuran di ruang pertemuan Kelurahan Jagir. Turut hadir pula Lurah Ngagel Drs. Hairul Fattah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Surabaya drg. Yohanna Sussie Emisa, dan Karang Taruna Kelurahan Ngagel.

Perlu diketahui, Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan, pembinaan ketrampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan Pramuka dalam bidang kesehatan.

SBH diresmikan tanggal 17 Juli 1985 dengan dilantiknya pimpinan SBH Tingkat Nasional dari Kwarnas Gerakan Pramuka, dan resmi dicanangkan sebagai Hari SBH oleh Menteri Kesehatan saat peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 1985 di Magelang. (And)