09 Jan
2017

Perluas Wawasan Tentang HIV-AIDS

Kunjungan AIESEC 1

Diskusi Tentang HIV-AIDS : Mahasiswa dari Belanda tengah berdiskusi bersama tim dari AIESEC dan Puskesmas dalam menangani permasalahan HIV-AIDS di Kota Surabaya. /Foto : Fansi Perdana Putri

Surabaya, eHealth. Visit to KPA Surabaya adalah salah satu agenda kegiatan organisasi pemuda AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) dalam upayanya meningkatkan kepedulian terhadap HIV-AIDS.

AIESEC adalah organisasi pemuda terbesar di dunia, yang fokusnya adalah memberikan pengalaman pengembangan kepemimpinan pemuda dan menawarkan kesempatan berpikir secara global serta memberikan pengaruh positif kepada masyarakat sekitar.

AIESEC tersebar di banyak negara, termasuk Indonesia, dan banyak diikuti oleh kalangan anak muda atau mahasiswa.

Salah satu proyeknya adalah Lite Project, yang berfokus pada pemahaman akan HIV-AIDS di kalangan masyarakat Surabaya, agar masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesejahteraan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dan juga memberikan edukasi mengenai HIV-AIDS

Pesertanya tak hanya mahasiswa Kota Surabaya namun juga mahasiswa dari berbagai negara. Selain itu juga mereka mengajak masyarakat seperti murid SMA, warga perumahan, dan lain-lain.

Kampanye yang dilakukan AIESEC misalnya di acara Car Free Day, sekolah-sekolah, dan pemukiman warga. Dalam kampanyenya di Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Surabaya, turut hadir perwakilan dari Puskesmas dan kegiatan ini sendiri dibuka oleh Sekretaris KPA Kota Surabaya dr. Sophiati Sutjahjani, M.Kes.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dibagi per kelompok, dimana tiap kelompok terdapat mahasiswa dari luar negeri, yaitu dari Thailand dan Belanda. Masing-masing berbagi cerita tentang penanganan dan masalah HIV-AIDS di lingkungan setempat. Acara dilanjutkan dengan talent show yaitu tari-tarian dan roll dance khas AIESEC. (Fns)