17 Jul
2018

Pelatihan untuk Mencetak Para Kader Mumpuni

Surabaya, eHealth. Untuk meningkatkan kualitas hidup anak di masa-masa pertumbuhannya, diperlukan pendekatan secara emosi/melibatkan psikologis/perilaku kepada para ibu. Agar hasilnya optimal maka untuk setiap Kota dan Kecamatan-kecamatan di bawahnya perlu diterjunkan tenaga yang handal. Dinkes Kota Surabaya bekerjasama dengan GAIN Indonesia melakukan pendekatan ini dimulai dari mencetak tenaga-tenaga trainer handal tersebut.

GAIN (Global Alliance for Improved Nutrition) adalah lembaga nirlaba asal Swiss yang berdedikasi memperbaiki kualitas gizi masyarakat. Kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya bertujuan menurunkan jumlah AKB dan AKI serta mencegah anak menjadi stunting karena kesalahan nutrisi di masa pertumbuhannya.

Pelatihan ini diadakan selama 3 hari mulai tanggal 17 hingga 19 Juli 2018, bertempat di Hotel Surabaya Suites. Sebanyak 36 peserta dibagi menjadi dua kelompok atau dua kelas sehingga pemberian materi menjadi lebih optimal dan efisien. Peserta berasal dari berbagai institusi seperti Dinkes Kota Surabaya, PKK Kota Surabaya, Poltekkes, PPPKMI, sampai AKZI.

Pada hari pertama peserta dibekali pengenalan Modul Emo-Demo, lalu dilanjutkan dengan paparan tentang keterampilan komunikasi PAMM dan Praktek Emo-Demo. Hari pertama hingga ketiga peserta mempelajari berbagai teori dan praktek Emo-Demo melalui aneka game dan simulasi. Peserta juga dilatih memberikan pemaparan atau demonstrasi tentang edukasi pentingnya ASI Eksklusif atau makanan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui dengan menggunakan alat peraga dan alat bantu yang disediakan oleh GAIN Indonesia.

Suasana pelatihan dibuat fun disertai dengan slogan-slogan lucu dan mudah diingat serta pembiasaan berbagai jargon.

Diharapkan, semua peserta pelatihan akan menjadi trainer yang kompeten saat terjun ke lapangan dan berhadapan langsung dengan kader dan ibu hamil/menyusui. Memberikan edukasi tidak dalam metode mengajari yang kaku melainkan dalam suasana menyenangkan, santai, kekeluargaan, sehingga ilmu-ilmu lebih cepat meresap masuk dan implementatif di keseharian. Karena pendekatannya terkait langsung dengan emosi maka ibu-ibu seharusnya dapat merasa lebih mudah mempraktekkannya karena paham betul dengan manfaatnya, yaitu bagi kebaikan gizi dan tumbuhkembang yang optimal anak-anaknya.

Nantinya GAIN dan Dinkes Kota Surabaya akan mengadakan sosialisasi secara berkala pada pihak terkait seperti puskesmas dan lintas sektor di setiap cluster kota Surabaya untuk memperkenalkan metode Emo-Demo ini sebelum benar-benar terjun ke lapangan. (Fns)