23 May
2017

Surabaya, eHealth. Pagi itu, hari Selasa (23/05/2017), suasana ruang serbaguna UPTD PMI Kota Surabaya tampak dipenuhi orang-orang yang sudah berusia lanjut dengan pakaian senamnya. Begitu tiba di ruangan yang berada di lantai 3 gedung UPTD PMI ini, beberapa dari mereka langsung melakukan latihan senam bersama dengan kelompoknya masing-masing.

Memang, para peserta senam yang  rata-rata berusia diatas 60 tahun ini akan mengikuti Lomba Senam Lansia tingkat Kota Surabaya Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Ada 15 tim senam lansia yang mengikuti lomba kali ini dengan masing-masing tim berjumlah lima orang peserta.

Klik : Foto-foto Pelaksanaan Lomba Senam Lansia Tahun 2017

Tim juri yang terdiri dari Perhimpunan Masyarkat Kebugaran Indonesia Provinsi Jawa Timur, Yayasan Gerontologi Abiyoso, TP PKK Kota Surabaya, Dinkes Provinsi Jawa Timur serta Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair menilai kekompakan, semangat, yel-yel, hingga kostum peserta tak luput dari  penjurian. Sehingga masing-masing peserta menunjukkan kekompakan dan kreasinya dalam mengikuti lomba senam lansia kali ini.

Sebelum tim juri mengumumkan para pemenang lomba senam lansia, panitia dari Dinkes Kota Surabaya menggelar seminar dengan tema GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang disampaikan oleh Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Surabaya drg. R.A Chandra Kusumawardhani, M.Kes.

Di akhir acara, di umumkan lah para pemenang di masing-masing kategori, antara lain Juara pertama diraih oleh peserta dari Posyandu Lansia Sejahtera Puskesmas Putat Jaya, juara kedua direbut oleh peserta dari Posyandu Lansia Gotong Royong Puskesmas Benowo, dan juara ketiga diraih Posyandu Lansia Bangau Puskesmas Balongsari. (And)