15 Apr
2015

Surabaya, eHealth. Sejak pukul 05.30 pagi, masyarakat Kecamatan Lakarsantri, khususnya yang berada di wilayah Kelurahan Bangkingan sudah ramai mendatangi lokasi bakti sosial kesehatan dan pelayanan terintegrasi yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan.

Baksos 1

TIMBANG BAYI: Kader Posyandu bersama petugas Puskesmas Bangkingan mencatat berat badan bayi yang ditimbang saat dilangsungkannya bakti
sosial kesehatan dan pelayanan terintegrasi di kelurahan Bangkingan, Surabaya, hari Rabu (15/04/2015). /And

Memang, penyelenggaraan bakti sosial kali ini menyambangi wilayah Kelurahan Bangkingan, tepatnya di Jl. Tlogo tanjung Gg. II RT 3, hari Rabu (15/04/2015). Seperti biasanya, beragam pelayanan kesehatan maupun pelayanan publik lainnya hadir di event yang rutin dilaksanakan setiap minggu sekali ini.

Wali Kota Surabaya Dr. HC. Ir. Tri Rismaharini MT, hadir dan melakukan dialog dengan warga terkait permasalahan yang terjadi di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gresik ini. Dalam sambutannya, orang nomor satu di jajaran Pemkot Surabaya ini mengatakan bahwa seluruh aktifitas pelayanan Pemerintah Kota Surabaya hadir dalam kegiatan bakti sosial ini. Wali kota berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kegiatan ini.

Ia juga menghimbau agar ketua RT, RW Lurah dan Camat juga berperan aktif terkait permasalahan yang dihadapi oleh warga. Seperti kala ada warga yang sakit dan membutuhkan ambulans sebagai sarana transportasi ke Rumah sakit, Pemkot Surabaya telah menyediakan ambulans gratis.

“Bapak/ibu kalau butuh ambulans, bisa telpon langsung ke nomor 031-5465777. Nanti bisa janjian sama sopirnya untuk dijemput jam berapa. Semuanya gratis untuk warga Surabaya. Jadi tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya. Karena selama ini masih belum banyak yang memanfaatkan. Kan eman (sayang, Red) jadinya,” tukas Risma dihadapan warga bangkingan yang hadir.

Baksos 2

SKRINING KATARAK: Salah seorang warga tengah diperiksa mata oleh petugas dari BKMM Surabaya dalam acara bakti sosial kesehatan dan pelayanan terintegrasi. /And

Dalam pelayanan kesehatan disediakan oleh Dinkes Kota Surabaya terdapat dalam bakti sosial ini, seperti pelayanan pengobatan umum, pengobatan khusus lansia, cek laboratorium (gula darah, asam urat, kolesterol), pelayanan KIA, skrining Katarak oleh Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM), donor darah oleh PMI Cabang Kota Surabaya, hingga pameran Puskesmas dan Usaha Kecil Menengah (UKM) area Bangkingan.

Selain itu juga banyak pelayanan publik lainnya yang diselenggarakan oleh masing-masing SKPD di lingkungan Pemkot Surabaya, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) yang membuka layanan pengurusan akte kelahiran gratis dan program kependudukan lainnya. Juga ada Dinas Sosial dengan layanan ambulans gratis, Dinkominfo dengan informasi layanan Broadband Learning Centre (BLC), Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) yang menyediakan akses pendaftaran rumah susun (Rusun), Badan Arsip dan Perpustakaan yang menyediakan beragam buku untuk dibaca oleh anak-anak yang hadir di bakti sosial, serta banyak SKPD lain yang hadir untuk melayani warga Surabaya. (And)