14 Oct
2017

Surabaya, eHealth. Suasana Taman Paliatif di hari Sabtu (14/10/2017) yang terletak di Jl. Kesumba, Kecamatan Tambaksari sejak pukul 06.00 pagi sudah dipadati oleh puluhan kader Paliatif Puskesmas, warga sekitar taman, dokter dari RSUD Dr. Soetomo, sampai dengan pasien kanker.

Mereka berkumpul di taman yang ditujukan sebagai sarana hiburan bagi penderita kanker ini untuk memperingati Hari Paliatif Sedunia Tahun 2017 dengan melaksanakan kegiatan senam paliatif bersama.
Ketua Masyarakat Paliatif Indonesia (MPI) Pusat, Urip Murtedjo, dr., SpBKL (K), FINACS (K)., FICS. PGD.Pall.Med (ECU) juga turut hadir dalam peringatan Hari Paliatif Sedunia ini. Dokter spesialis bedah kepala leher ini memberikan semangat kepada para survivor kanker dan juga kader paliatif.

Dalam kesempatan yang sama, dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD, Pall Med (ECU) juga memberikan berbagai tips seputar paliatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi penderita penyakit kanker.

Dokter yang kesehariannya bertugas di RSUD Dr. Soetomo ini menjelaskan ada lima hal yang membentuk kehidupan manusia, yakni fisik, psikologi, sosial, kultural dan spiritual. Jika salah satu terganggu, maka kehidupan seseorang kurang sempurna atau sedang sakit.

Seusai melaksanakan senam dan mendengarkan paparan dari dr. Urip Mutedjo maupun dr. Agus Ali Fauzi, peserta diajak mengelilingi taman dan mencicipi hidangan tradisional yang sudah disediakan.

Taman paliatif sendiri diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tanggal 11 Februari 2012 silam. Taman yang memiliki luas 1200 M² ini dibangun oleh Pemerintah Kota Surabaya atas komitmennya dalam memperbaiki kualitas hidup penderita kanker. (And)