24 Apr
2019

Kombinasikan Kemangi dan Jeruk sebagai Tanaman Obat

Surabaya, eHealth. Kesehatan keluarga dapat dicapai dengan biaya tak mahal, seperti dengan pemanfaatan tanaman tradisional sebagai obat dan/atau penunjang kesehatan tubuh. Untuk tingkatkan awareness masyarakat akan pentingnya budidaya tanaman tradisional, Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengadakan Lomba Toga dan Akupresur tingkat Kota Surabaya.

Lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) tingkat Kota Surabaya tahun 2019 ini diikuti oleh 6 nominasi yaitu dari puskesmas Lontar, Sememi, Simomulyo, Tanjungsari, Peneleh dan Bulak Banteng.

Video ini menyorot aktivitas kunjungan tim penilai lomba ini pada hari kedua yaitu ke puskesmas Simomulyo dan Tanjungsari, 24 April 2019.

Keduanya memiliki inovasi dan kader yang sangat aktif serta terus mengalirnya dukungan dari lintas sektor.

Adapun tim penilai terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan sektor yaitu dari Poli OTI RSUD dr. Soetomo, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Adanya penilaian ini diharapkan akan makin meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pemanfaatan tanaman dan obat tradisional di lingkungan sekitar, baik untuk menjaga kesehatan maupun mengobati berbagai penyakit. (Fns)