11 Jul
2017

Surabaya, eHealth. Pelaksanaan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kategori Puskesmas di Kota Surabaya kembali dilaksanakan setelah jeda bulan puasa dan hari raya Idul Fitri. Kali ini, tiga Puskesmas di Kota Surabaya siap menjalankan akreditasi. Ketiga Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Made, Puskesmas Tambak Wedi dan Puskesmas Pacar Keling.

Ketiga Puskesmas tersebut bertemu dengan tim surveior saat pelaksanaan Pra Survei yang dilaksanakan sehari sebelum proses penilaian akreditasi. Pra survey ini bertempat di Hotel Santika Jemursari, hari Selasa (11/07/2017). Pelaksanaan survei akreditasi ketiga Puskesmas diatas berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 12 – 14 Juli 2017.

Klik : Foto – Foto Kegiatan Pra Survei Akreditasi Puskesmas Made, Tambak Wedi dan Pacar Keling

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, drg. Febria Rachmanita, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa sudah 44 Puskesmas yang telah melaksanakan survei akreditasi dari 63 Puskesmas yang ada di Surabaya, dan 35 Puskesmas diantaranya telah mendapatkan status akreditasi.

Ia pun dengan terbuka menerima saran maupun kritik dari tim surveior selama penilaian berlangsung ke Puskesmas, karena dengan adanya saran tersebut, maka Puskesmas akan terus belajar menuju ke arah yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, tim surveior memaparkan tata tertib dan juga kode etik selama berlangsungnya survei akreditasi yang disampaikan oleh Fajeri, SKM, MPH, AAAK. Surveior dari Kalimantan Selatan ini menjelaskan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berlangsungnya pelaksanaan akreditasi, seperti tim surveior harus berpakaian yang sopan, tidak boleh memakai jeans, tidak merokok, dan tidak memotong ataupun menambah jumlah hari akreditasi.

Ada tiga tim surveior yang berkumpul pada malam ini untuk mensurvei tiga Puskesmas. Satu tim surveior terdiri dari tiga orang yang masing-masing membidangi Administrasi dan Manajemen (Admen), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

Untuk Puskesmas Pacar Keling surveiornya yakni Syamsir Manda, SKM, M.Kes (Admen), Dra. Herie Firmaningsih, M.Kes (UKM), dan dr. H. Muhammad Ismail (UKP). Sedangkan Puskesmas Made yakni Drs. I Putu Sukra, MPHM (Admen), Sri Andewi, SKM, M.Kes (UKM), dan dr. Faisal, MM (UKP), dan yang terakhir adalah Puskesmas Tambak Wedi dengan surveiornya Fajeri, SKM, MPH, AAAK (Admen), I Made Suadnya, SKM, M.Kes (UKM), dan dr. Asauk Pramustyo Hadi, MPD (UKP).

Di akhir Pra Survei dilakukan serah terima dokumen dan surat pernyataan kesediaan akreditasi dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (And)