19 Jan
2018

Surabaya, eHealth. Gaung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus disuarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Salah satunya adalah berpartisipasi dalam kegiatan pameran Helvi Expo 2018 yang diselenggarakan di Grand City Surabaya, mulai tanggal 18-21 Januari 2018.

Selama empat hari, Dinkes Kota Surabaya membagikan brosur dan juga memberikan pengarahan kepada para pengunjung pameran kuliner vegetarian ini akan pentingnya Germas, salah satunya dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur.

Tidak hanya itu saja, Dinkes Kota Surabaya juga mengajak kader Saka Bhakti Husada (SBH) untuk bersama-sama menjaga stan dan menyosialisasikan Germas. Tak ayal, selain merasakan nikmatnya kuliner vegetarian, pengunjung yang hadir juga mendapatkan ilmu tambahan mengenai pola hidup sehat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg. Febria Rachmanita, MA hadir dan turut memberikan semangat kepada para kader SBH yang berjaga sembari berpesan agar terus mengkampanyekan Germas, baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Healthy, Environment, Lifestyle and Vegan atau yang disingkat dengan Helvi Expo adalah kegiatan tahunan para penggemar kuliner vegetarian. Sebanyak 200 stan kuliner khas vegetarian hadir di kegiatan yang sudah diadakan kali kesembilan ini.

Selain pameran kuliner vegetarian, kegiatan yang diinisiasi oleh Indonesia Vegetarian Society (IVS) ini juga diisi dengan workshop dan talkshow oleh ahli gizi, demo masak dan juga pembagian doorprize.

Event ini secara resmi dibuka oleh Wali Kota Surabaya DR (HC) Ir. Tri Rismaharini, MT. Dalam sambutannya, wali kota menyampaikan apresiasinya kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara Helvi Expo. Menurutnya, vegetarian di Indonesia beruntung karena Indonesia memiliki berbagai jenis sayuran yang dapat dikreasikan dalam berbagai menu masakan, sehingga para vegan tidak akan pernah merasa bosan.

“Jika kampanye seperti ini terus dilaksanakan, bukan tidak mungkin Surabaya bisa menjadi kota vegetarian dengan berbagai inovasi sayuran yang dikombinasikan dengan masakan-masakan tradisional,” ujar Risma.

Dalam helvi Expo ini, pengunjung dapat menikmati aneka makanan vegetarian. Beragam masakan seperti nasi rendang, dendeng, martabak, gado-gado, pangsit mie tanpa ada unsur hewani dapat dicoba disini. (And)