21 Feb
2018

Surabaya, eHealth. Kota Surabaya kembali menjadi tujuan daerah lain untuk menimba ilmu mengenai penerapan kebijakan dan program dibidang kesehatan. Hari Rabu, (21/02/2018), rombongan DPRD Kota Mataram Nusa Tenggara Barat berkunjung ke Dinas Kesehatan kota Surabaya untuk belajar mengenai pelaksanaan kebijakan serta program-program kesehatan yang menjadikan surabaya menjadi Kota Sehat.

Rombongan yang terdiri dari wakil ketua DPRD Kota Mataram H. Muchtar, SH dan anggota Komisi IV DPRD Kota Mataram diterima oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Surabaya dr. Sri Setyani dan Kepala Seksi Pendidikan dan Pelatihan SDM Kesehatan Hariyanto, SKM, M.Kes.

Saat pemaparan, dr. Sri Setyani mengatakan bahwa saat ini Dinkes Kota Surabaya tengah melakukan upaya pengembangan program kesehatan. Hal tersebut bertujuan agar terciptanya masyarakat Surabaya yang mandiri dan sehat. Tujuan dari pelaksanaan upaya pengembangan program kesehatan tersebut sesuai dengan visi dari Dinkes Kota Surabaya sendiri, yaitu “Dinas Kesehatan yang Profesional untuk mewujudkan masyarakat Surabaya yang sehat, mandiri, dan berdaya saing global”.

Terdapat delapan program yang saat ini tengah diupayakan pengembangannya sehingga dapat mencapai target yang sudah ditentukan, yakni :

  1. Pendampingan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan)
  2. Pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi
  3. Pencegahan Penyakit Kanker Serviks
  4. Pencegahan Penyakit Hepatitis melalui vaksinasi Hepatitis pada bayi
  5. Optimalisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) melalui gerakan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan
  6. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui optimalisasi Pembinaan Terpadu (Posbindu)
  7. Akreditasi Puskesmas
  8. Skreening kesehatan usia lanjut

Dalam kesempatan yang sama, Hariyanto juga menyampaikan berbagai upaya pengembangan program serta diberlakukannya kebijakan-kebijakan tentang kesehatan dapat terlaksana dengan baik karena adanya faktor dukungan dari pemimpin daerah dalam hal ini Wali Kota Surabaya. Karena sifatnya yang ulet, tegas, dan berkemauan keras, serta dukungan yang kuat terhadap bidang kesehatan, sehingga wali kota mampu membawa Surabaya mendapatkan predikat Kota Sehat tahun 2013. Meskipun sudah mendapatkan predikat sebagai Kota Sehat, namun Dinkes Kota Surabaya tetap ingin lebih mengoptimalkan program-program kesehatan yang ada, dengan harapan agar derajat kesehatan masyarakat Surabaya menjadi meningkat.

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai program-program kesehatan yang dilaksanakan Dinkes Surabaya, Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram mengatakan, mereka akan berkoordinasi dengan Dinkes Kota Mataram untuk mengupayakan agar Kota Mataram dapat meniru program-program kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinkes Kota Surabaya. (Ditulis oleh: Muhammad Firmansyah/And)