09 Aug
2016

Foto Kunjungan 1Surabaya, eHealth. Terakreditasinya tiga Puskesmas di Kota Surabaya tahun 2015 lalu terus menarik minat daerah lain untuk belajar mengenai persiapan dan pelaksanaan akreditasi Puskesmas. Kali ini Dinas Kesehatan Kota Denpasar bertandang ke kota pahlawan untuk bertukar ilmu mengenai pelaksanaan akreditasi Puskesmas.

Diterima langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan dan Pelatihan SDM Kesehatan Hariyanto, SKM, M.Si dan juga Kepala Seksi Sarana dan Peralatan Kesehatan Dinkes Kota Surabaya Leena Qonita, S.Si, Apt. Rombongan dari Denpasar yang berjumlah lima orang ini ingin mengetahui lebih jauh terkait pelaksanaan akreditasi yangtelah dijalankan oleh tiga Puskesmas di Surabaya.

Dalam paparannya, Hariyanto menjelaskan berbagai upaya Dinkes Kota Surabaya dan juga Puskesmas yang akan melaksanakan akreditasi di tahun 2015, mulai dari persiapan hingga hari H akreditasi Puskesmas. Alhasil, ketiga Puskesmas dinyatakan lulus akreditasi, yakni Puskesmas Sememi dengan Akreditasi Paripurna, Puskesmas Gayungan dengan Akreditasi Dasar dan juga Puskesmas Tambakrejo dengan Akreditasi Madya.

Nah, untuk tahun 2016 ini, Dinkes Kota Surabaya menargetkan 17 Puskesmas dilaksanakan akreditasi dari 60 Puskesmas yang belum terakreditasi, dan kini sudah tiga Puskesmas yang sudah diakreditasi dan tinggal menunggu hasil penilaiannya, yakni Puskesmas Dupak, Jagir dan Puskesmas Pucang Sewu.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Denpasar dr. Gusti Ayu Sri Yuniari mengatakan tujuannya untuk belajar mengenai akreditasi Puskesmas karena Kota Denpasar juga bersiap menghadapi akreditasi Puskesmas oleh Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI.

Foto Kunjungan Denpasar 2Dalam kunjungan ini, ia membawa empat orang yakni Kepala Puskesmas IV Denpasar Selatan dr. A.A Ayu Dewi Anjani, Kepala Puskesmas Puskesmas II Denpasar Barat dr. Lanawati, Kepala Puskesmas I Denpasar Timur dr, Ida Ayu Putri Widhiastuti, dan Kepala Puskesmas III Denpasar Utara dr. A.A Ngurah Tarumawijaya, SKM.

Setelah dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya, rencananya rombongan dari kota yang terkenal dengan obyek wisatanya ini berkunjung ke Puskesmas Sememi untuk mengetahui implementasi dari Akreditasi itu sendiri. (And)