29 Aug
2018

Ikhlas dan Syukur sebagai Dasar Meningkatkan Wawasan

Surabaya, eHealth. Peningkatan kualitas posyandu harus secara rutin dilaksanakan, salah satunya dengan lebih dulu meningkatkan pengetahuan para tenaga kesehatan yang membidani posyandu.

dr. Agus Ali Fauzi (kanan) memberikan materi tentang teamwork kepada peserta. /Fns

Salah satu upaya dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah dengan melakukan kegiatan promosi kesehatan. Kota Surabaya memiliki tenaga promosi kesehatan yang tersebar di seluruh Puskesmas di kota Surabaya, yang diharapkan dapat membantu meningkatkan upaya promotif dan preventif di Puskesmas tanpa mengesampingkan kuratif.

Acara peningkatan kapasitas petugas promkes kali ini dilaksanakan tanggal 29 Agustus 2018 yang bertempat di ruang pertemuan lantai 2 Gedung Siola Surabaya. Dihadiri oleh penanggungjawab Promkes Puskesmas dan Promotor Kesehatan Puskesmas dari 63 Puskesmas, acara ini diadakan dengan agenda refreshing materi Posyandu, belajar mengenai teamwork, serta evaluasi kinerja Promkes.

Hadir sebagai narasumber yaitu dr. Agus Ali Fauzi, PGD, Pall.Med (ECU) yang memberikan semangat kepada para peserta melalui presentasinya tentang teamwork, bagaimana tetap berpikir positif dan menjalani hidup ikhlas, serta menjadi sehat dan bahagia baik secara jasmani maupun psikologis; dan drg. Akbar Cendia Sugiharsono dari TP.PKK Kota Surabaya yang memberikan materi tentang posyandu balita termasuk Sistem Informasi Posyandu sampai bagaimana cara mengisi Kartu Menuju Sehat (KMS). Masing-masing peserta juga sudah dibagikan contoh KMS sehingga materi dari alumnus UNEJ ini dapat langsung diaplikasikan.

Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat drg. Chandra Kusuma Wardhani, M.Kes hadir sebagai pembuka acara. Diharapkan setelah ini para petugas Promkes menjadi lebih termotivasi untuk bekerja di bidangnya dan mempunyai wawasan lebih luas dan mantap seputar posyandu pada khususnya. (Fns)