13 Apr
2014

Gowes Bareng Wali Kota untuk Membuka Bulan SHS

Surabaya, eHealth. Surabaya Health Season 2014 adalah buah kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Persatuan Rumah Sakit (PERSI) Daerah Jawa Timur serta Surabaya Tourism and Promotion Board (STPB) yang ingin membentuk suatu wadah promosi bersama pelayanan kesehatan di Kota Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg. Febria Rachmanita saat gowes dalam rangka pembukaan SHS hari Minggu (13/4). (/ian)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg. Febria Rachmanita saat gowes bersama dalam rangka pembukaan SHS hari Minggu (13/4). (/ian)

Beragam acara akan dilakukan serentak di tiap fasilitas kesehatan di Kota Surabaya, seperti seminar populer tentang ragam kesehatan, penyelenggaraan bakti sosial, adanya discount pelayanan unggulan dari berbagai fasilitas kesehatan di Kota Surabaya.

Dengan mengusung tema “Gaya Hidup Sehat (Healthy Living)”, Surabaya Health Season 2014 secara resmi dibuka oleh Wali Kota Surabaya Ir. Tri Rismaharini di Taman Surya, Gedung Balai Kota Surabaya, hari Minggu, 13 April 2014. Beragam kegiatan menyertai pembukaan Surabaya Health Season 2014, yaitu pelaksanaan bakti sosial dan juga gowes (bersepeda) yang melibatkan peserta dari seluruh Rumah Sakit, Puskesmas, faskes lain se-Kota Surabaya, dan juga karyawan Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Lebih dari 200 peserta mengikuti gowes bersama yang rutenya dimulai dari Taman Surya, melintasi jalan Panglima Sudirman – Basuki Rahmat – Embong Malang – Praban – Genteng Kali sampai kembali ke Taman Surya lagi. Setiap peserta mendapatkan kupon doorprize yang hadiah yang menarik seperti sepeda, lemari es, dispenser, hingga DVD player yang semuanya merupakan sumbangan dari berbagai perusahaan maupun RS di Surabaya.

Dalam sambutannya, Risma berharap agar seluruh Rumah Sakit meningkatkan kemampuannya dalam pelayanan pasien, penyediaan fasilitas yang baik, dan tarif terjangkau. Kalau perlu belajar dengan konsultan Rumah Sakit dari luar negeri. Tujuannya agar masyarakat memiliki kepercayaan dengan Rumah Sakit-Rumah Sakit dalam negeri untuk berobat penyakit apapun, tidak lagi harus pergi ke rumah sakit di luar negeri.

Dalam pembukaan Bulan SHS ini juga dilaksanakan kegiatan Bakti sosial yang ditujukan untuk seribu masyarakat dari Kota Surabaya yang datang ke Balai Kota. Ikut serta melayani konsultasi dan promosi kesehatan dari berbagai rumah sakit antara lain RS Bedah Surabaya, RS Premier, RS Undaan, RS RKZ, RS Onkologi, RS Polda, RSI Ahmad Yani, RS Darmo, RS William Booth, RS PHC, dan RS BDH.

Rangkaian kegiatan bakti sosial kali ini adalah pemeriksaan/pengobatan umum dan Lansia, pengobatan gigi, pelayanan KB MOP, pemeriksaan gula darah, screening katarak, pelayanan imunisasi, konsultasi dan promosi kesehatan oleh puskesmas dan Rumah Sakit, registrasi peserta Jamkesmas lama, sosialisasi JKN dan pendaftaran peserta BPJS mandiri oleh BPJS Kesehatan Surabaya, konsultasi gizi oleh Persagi Surabaya, pelayanan donor darah oleh PMI Surabaya, pelayanan pengobatan tradisional (Battra), dan pameran produk unggulan kelompok Swadaya Masyarakat yang dikoordinasi oleh Bapemas KB.

Diharapkan, dengan adanya Surabaya Health Season 2014, masyarakat akan tergerak untuk bergaya hidup sehat dan menjaga diri agar tetap sehat. Selain itu, awareness masyarakat juga akan meningkat akan pentingnya pola hidup sehat dan kesadaran bahwa sehat bukanlah suatu hal yang diperoleh secara instan. (fns)