16 Jan
2019

Surabaya, eHealth. Kegiatan Emosional Demonstrasi (Emo Demo) Posyandu hasil kolaborasi The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), sebuah organisasi nirlaba internasional dengan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan dan TP PKK Kota Surabaya rupanya menarik minat petinggi GAIN Pusat yang berkantor di Kota Jenewa, Swiss.

Bersama dengan staf Kementerian Kesehatan RI dan Dinkes Provinsi Jawa Timur, rombongan dari GAIN Pusat ini mengunjungi lokasi pertama yakni Posyandu Kenanga II Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto, hari Rabu (16/01/2019). Rombongan dari GAIN ini antara lain Van De Merwe selaku GAIN Country Program Director, Laura Platenkamp GAIN Global Belanda, Sharelle Polack dari Grain Global Geneva Swiss dan Mduduzi Mbuya dari GAIN Global Swiss.

Di Posyandu Kenanga II, rombongan melihat langsung praktek Emo Demo yang dilakukan oleh kader Posyandu yang terletak di Rusun Sumbo Simolawang ini. Mereka juga turut berinteraksi dengan para ibu balita yang ada di Posyandu.

Setelah dari Posyandu Kenanga II, rombongan bergerak menuju ke Puskesmas Putat Jaya. Di sana, rombongan sudah ditunggu oleh belasan kader Posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Putat Jaya. Di Puskesmas yang beralamat di Jl. Kupang Gunung Raya No. 5 Surabaya ini, rombongan berdiskusi dengan kader, staff Puskesmas Putat Jaya dan juga ibu balita.

Maksud dari kunjungan GAIN ini untuk meninjau langsung perkembangan pelaksanaan kegiatan Emo Demo hasil kerjasama pemerintah dengan GAIN melalui Memorandum Saling Pengertian (MSP) 2017-2020 yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat (balita). (And)