02 Oct
2014

Berikan Pelayanan Gratis untuk Warga Kenjeran

Surabaya, eHealth. Dinas Kesehatan Kota Surabaya tak henti-hentinya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya warga Kota Surabaya. Salah satunya, pelayanan itu di tunjukkan dengan berbagai pelaksanaan Bakti Sosial di berbagai tempat di Surabaya. Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi tentang kesehatan dan memberikan pelayanan konsultasi, pemeriksaan dan pengobatan kepada masyarakat.

IMG_1555eDinas Kesehatan mengadakan Baksos dengan pelayanan terintregrasi di Jl. Sukolilo, Kelurahan Sukolilo Baru dan Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak. Dalam baksos itu dihadiri oleh Wali Kota Tri Rismaharini dan kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, drg. Febria Rachmanita.

Dalam arahannya, Wali Kota menyampaikan bahwa masyarakat harus waspada terhadap ancaman penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. ”Untuk itu mari kita cegah dengan membersihkan kamar mandi, tempat penampungan air, kaleng harus tertutup, lungkan waktu satu hari 10 menit untuk membersihkannya agar kita tetap sehat,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan untuk para Lansia yang menderita katarak untuk segera operasi katarak, karena jika terlambat akan buta dan akan merepotkan yang lain. ”Operasi katarak itu gratis, jaminan kesehatan itu di bayar oleh Pemerintah Kota Surabaya,” terangnya.

Dalam bakti sosial yang dilaksanakan hari Kamis (02/10) memberikan berbagai pelayanan yaitu pemeriksaan dan pengobatan umum, pemeriksaan dan pengobatan lansia, pemeriksaan dan pengobatan gigi, konsultasi dan penyuluhan gigi, pemeriksaan Ibu Hamil. pemeriksaan IVA, pelayanan Imunisasi, pemeriksaan Laboratorium gula darah acak, cholesterol dan asam urat, skrining Katarak, konsultasi dan promosi kesehatan dan pendataan kartu jamkesmas.

Selain pelayanan kesehatan gratis, SKPD lain juga memberikan pelayanannya yaitu Dinas Pendidikan memberikan informasi pendaftaran anak usia sekolah yang tidak sekolah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memberikan pelayanan administrasi kependudukan,Dinas Tenaga Kerja memberikan Informasi lowongan pekerjaan dan promosi pelatihan.

Hadir juga dari Dinas Sosial untuk memberikan informasi mengenai bantuan terhadap orang terlantar yang sakit dan menyiapkan ambulans dan kursi roda untuk sarana transportasi pasien, Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah memberikan informasi mengenai kebutuhan rumah susun dan informasi mengenai masalah pemukiman kumuh, Dinas Pertanian memberikan informasi mengenai peningkatan nilai ekonomis masyarakat melalui gerakan Urban Farming, pembagian Bibit tanaman.

Sedangkan Dinas Koperasi dan UMKM, mengaktifkan dan membina kelompok KSM untuk perkoperasian, Dinas Pemuda dan Olah Raga untuk mensosialisasikan penyediaan saranan prasarana olah raga, Dinas Perdagangan dan Perindustrian memberikan informasi pengurusan pelayanan izin usaha, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang memberikan informasi pengurusan pelayanan izin mendirikan bangunan dan Dinas Komunikasi dan Informasi meberikan informasi akses penggunaan internet, pelayanan keluhan dan pengaduan masyarakat melalui media center, mengaktifkan kembali e-sapa warga.

Turut hadir Dinas PU Bina Marga dan Pematusan untuk memberik pelayanan keluhan dan pengaduan masyarakat terkait pembangunan jalan atau paving, genangan, saluran dan jembatan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk sosialisasi administrasi pemakaman, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan untuk menjelasankan tentang IMB dan PBB.

Selain itu, hadir juga Badan Arsip dan Perpustakaan menyediakan layanan perpustakaan, Bapemas KB memberikan pelayanan KB dan pameran produk unggulan Kelompok Swadaya Masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Surabaya untuk mensosialisasikan Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan memberi pelayanan pendaftaran peserta BPJS mandiri, PMI Kota Surabaya memberikan pelayanan donor darah.

Bakti sosial yang berlangsung mendapat antusiasme warga hingga yang terdaftar datang kepelayanan 2.979 orang yang mendapat pelayanan baik dari pelayanan kesehatan maupun pelayanan non kesehatan. (Ima)