21 Jan
2019

Surabaya, eHealth. Dinas Kesehatan Kota Surabaya kembali kedatangan tamu, kali ini rombongan dari Kabupaten Pati berkunjung ke instansi yang beralamat di Jl. Raya Jemursari No. 197, hari Senin (21/01/2019).

Kunjungan anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati yang membawa serta perwakilan berbagai dinas di lingkup Pemkab Pati ini bermaksud untuk kaji banding mengenai penanganan HIV-AIDS di Kota Surabaya yang diimplementasikan melalui Peraturan Daerah (Perda).

Dalam kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Surabaya drg. Bisukma Kurniawati, M.Kes, Kepala Seksi Sumber Daya manusia Kesehatan Hariyanto, SKM, M.Si, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dr. Daniek.
Secara bergantian, mereka menjelaskan mengenai profil Dinas Kesehatan Kota Surabaya secara umum dan program Pemerintah Kota Surabaya terkait implementasi Perda Kota Surabaya No. 4 Tahun 2013 tentang Penanggulangan HIV dan AIDS dan Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya No. 29 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Perda Surabaya No. 4 Tahun 2013.

Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh rombongan, mulai dari anggaran yang dibutuhkan, sasaran warga di cover oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), peran KPA di masyarakat mulai dari tingkat Kota Surabaya hingga tingkat kecamatan dan masih banyak lagi.

Nantinya, ilmu yang mereka dapat dari Surabaya ini akan dituangkan melalui Rancangan Perda HIV-AIDS Kabupaten Pati, sehingga nantinya Perda tersebut dapat berfungsi sebagai payung hukum untuk melindungi masyarakat Kab. Pati khususnya dari penyakit HIV-AIDS. (And)