21 May
2014

Surabaya, eHealth. Dinas Kesehatan Kota Surabaya kembali mengadakan Bakti Sosial Kesehatan gratis dalam rangka memperingati hari jadi Kota Surabaya yang ke-721 itu. Baksos yang ramai dikunjungi warga itu berada di RW I Jl. Karangpoh Indah Lebar, Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes kemarin Rabu (21/5).

IMG_5351

Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini (kanan) mengunjungi stan pemeriksaan balita. (/And)

Dalam Baksos ini, turut hadir Wali Kota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg. Febria Rachmanita, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dinas Kesehatan, para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, serta dokter, bidan dan paramedis.

Tujuan acara Baksos itu selain untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis juga sebagai peningkatan kepedulian dan peran aktif pemerintah serta masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan, terutama kepada anak-anak.

Orang nomor satu di Surabaya tersebut juga menekankan kepada warga Kota Surabaya harus terus menjaga kesehatan, serta memperhatikan anak-anaknya. ”Sekarang ini permasalahan anak berbagai macam dari permasalahan narkoba sampai seks bebas, untuk itu kami sepakat untuk mencegah terhadap kenakalan remaja itu dengan memberikan beasiswa pilot dan pramugari agar anak terhindar dari hal-hal itu,” terangnya.

Lanjut Ia katakan bahwa, ”Anak-anak kita, akan bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini, untuk itu kami harus menyiapkan anak-anak kita untuk menyongsong jauh lebih baik daripada kita, sepanjang pemerintah bisa berikan, pasti akan kami berikan selama tidak melanggar aturan,” imbuhnya.

Dalam acara itu, wanita alumnus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga menyikapi kekerasan pada anak untuk itu ia berpesan kepada anak-anak Surabaya agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap orang yang tidak dikenal. ”Anak-anakku, di luar sana banyak yang ingin menyakiti kalian, jika kalian diancam sama orang kalian harus ngomong pada orang tua kalian, dan jika orang yang tidak kalian kenal memberi makanan atau minuman jangan sekali-kali diterima, itu akan membahayakan kalian,” pesannya kepada anak-anak yang mengikuti bakti sosial itu.

Dalam bakti sosial Dinkes melayani pengobatan gratis yang meliputi pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis, screening dan operasi katarak, Balai Pengobatan Umum gratis, Balai Pengobatan Gigi, Pelayanan IVA, Pelayanan imunisasi, dan pelayanan pengobatan tradisional, Pelayanan dan Pengobatan Lansia.

Acara baksos itu juga dimeriahkan oleh stand dari SKPD lain seperti Dinas Pertanian, Dispendukcapil, Disnaker, Dinkominfo, Dinsos, Dinas Pertanahan untuk memberi pelayanan pengurusan surat-surat gratis seperti akta kelahiran, Surat tanah dan surat ijin mendirikan bangunan serta lowongan kerja.

Selain itu Baksos juga diikuti bazar murah yang diikuti oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mulai dari jajanan, makanan ringan dan olahan hingga kerajinan tangan. (Ima)