24 Oct
2017

Baksos IVA Untuk Pegawai Pemkot Surabaya

Surabaya, eHealth. Kota Surabaya tak henti-henti mengupayakan kesehatan wanita agar tak terkena penyakit kanker serviks. Selain imunisasi HPV pada siswi sekolah kelas 5 SD dan sederajat, pencegahan juga dilakukan untuk wanita dewasa dengan metode IVA. Semuanya gratis.

Pelaksanaan Bakti Sosial IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) kali ini diadakan di Graha Sawunggaling yang bertempat di lantai 6 Gedung Pemerintah Kota Surabaya. Acara yang diselenggarakan untuk mencegah menyebarnya penyakit kanker serviks ini diadakan khusus untuk seluruh pegawai negeri di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Baksos ini akan diadakan sampai tanggal 3 November 2017, agar seluruh staf tak ada yang tertinggal untuk mengikuti pemeriksaan IVA dan juga SADANIS (Periksa Payudara oleh Tim Medis). Bagi staf yang sudah menopause atau sedang menstruasi bisa memeriksakan kesehatan payudara saja.

Seluruh peserta yang memeriksakan diri akan menerima rujukan ke rumah sakit atau puskesmas jika ditemukan hasil positif atau dicurigai kanker serviks.

Jumlah total peserta yang hadir pada hari Selasa (24 Oktober 2017) kemarin adalah sekitar 150 orang, yang kebanyakan berasal dari Bagian Hukum, Inspektorat, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, dan seterusnya.

Asisten 1 Kota Surabaya Hj. Yayuk Eko Agustin Wahyuni, SH, M.Si berkesempatan hadir untuk mengikuti pemeriksaan SADANIS, yang hasilnya normal. Didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Sufiah Rahmawati, SKM, M.Kes, wanita kelahiran tahun 1962 itu mengungkapkan bahwa baksos semacam ini sebaiknya dilakukan lebih sering dan rutin agar semua wanita sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dinding leher rahim. (Fns)