15 Oct
2014

Antusias, Warga Jagir Manfaatkan Baksos

Surabaya, eHealth. Setelah sebelumnya Bakti Sosial dengan Pelayanan Terintegrasi dilaksanakan di daerah Kenjeran, Kini Giliran warga Jagir yang merasakan Bakti Sosial dengan Pelayanan terintegrasi, hari Rabu (14/10) di Sidoremo Gang I Jagir, Surabaya.

IMG_3611eDalam Baksos tersebut, warga Jagir benar-benar memanfaatkan pelayanan kesehatan yang sudah di sediakan oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Selain pelayanan kesehatan warga juga memanfaatkan pengurusan surat-surat seperti Surat Tanah, IMB dan mendatangi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk mencari informasi mengenai pekerjaan.

Dalam Baksos itu hadir Wali Kota Surabaya Ir. Tri Rismaharini untuk menyapa langsung warga Jagir. Wali Kota Surabaya menghampiri para pasien yang menderita sakit parah untuk segera di rujuk ke RS Soewandhie agar segera mendapatkan pelayanan dan pengobatan yang intensif.

Wali Kota menghimbau kepada warga agar menjaga orang tua yang beranjak lansia, karena lansia juga membutuhkan perhatian dari anak-anaknya. ”Kamarnya jangan di belakang deket dapur, yang orang tua kamarnya di depan agar kesehatan tetap terjaga,” himbaunya kepada warga.

Dalam bakti sosial itu, berbagai pelayanan kesehatan tersedia yaitu pemeriksaan dan pengobatan umum, pemeriksaan dan pengobatan lansia, pemeriksaan dan pengobatan gigi, konsultasi dan penyuluhan gigi, pemeriksaan Ibu Hamil. Selain itu juga, pelayanan Imunisasi, pemeriksaan Laboratorium gula darah acak, cholesterol dan asam urat, skrining Katarak, konsultasi dan promosi kesehatan dan pendataan kartu jamkesmas.

Selain pelayanan kesehatan gratis, SKPD lain juga memberikan pelayanannya yaitu Dinas Pendidikan memberikan informasi pendaftaran anak usia sekolah yang tidak sekolah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memberikan pelayanan administrasi kependudukan,Dinas Tenaga Kerja memberikan Informasi lowongan pekerjaan dan promosi pelatihan.

Hadir juga dari Dinas Sosial untuk memberikan informasi mengenai bantuan terhadap orang terlantar yang sakit dan menyiapkan ambulans dan kursi roda untuk sarana transportasi pasien, Dinas Pertanian memberikan informasi mengenai peningkatan nilai ekonomis masyarakat melalui gerakan Urban Farming, pembagian Bibit tanaman. Serta Dinas Komunikasi dan Informasi meberikan informasi akses penggunaan internet, pelayanan keluhan dan pengaduan masyarakat melalui media center, mengaktifkan kembali e-sapa warga dan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan untuk menjelasankan tentang IMB dan PBB,

Selain itu, hadir juga Bapemas KB memberikan pelayanan KB dan pameran produk unggulan Kelompok Swadaya Masyarakat, PMI Kota Surabaya memberikan pelayanan donor darah

Pada Baksos itu warga benar-benar memanfaatkan pelayanan kesehatan dan pelayanan lain. Warga tidak engan datang ke baksos karena semua pelayanan kesehatan bisa tertangani, jika pasien menderita sakit parah akan segera di rujuk ke RS. Soewandhie untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tinggi. (Ima)