11 Aug
2018

Ajarkan Calon Trainer 12 Modul Emo-Demo

Surabaya, eHealth. Dinas Kesehatan Kota Surabaya kembali menyelenggarakan pelatihan untuk Master of Trainer (MOT) Metode Emo-Demo untuk yang kedua kalinya.

Pelatihan ini sekali lagi didukung penuh oleh lembaga nirlaba Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), dimana pada gelombang kedua ini terdapat 20 peserta yang mengikuti pelatihan. Bertempat di Hotel Surabaya Suites, pelatihan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut mulai tanggal 9 hingga 11 Agustus 2018.

Isi pelatihan adalah 12 modul Emo-Demo, dimana peserta dilatih oleh trainer dari GAIN. Suasana pelatihan dibuat menyenangkan, santai namun banyak ilmu, dikondisikan seperti di dalam permainan atau lomba, dan sangat interaktif. Peserta berasal dari berbagai instansi seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya (UNUSA) dan Fatayat—bahkan Ketua TP.PKK Kota Surabaya Dra. Siti Nuriya Zamzam pun menjadi salah satu peserta.

Nantinya, para MOT akan terjun ke lapangan untuk melatih para kader di posyandu, yang mana dari kader akan disampaikan secara efektif kepada ibu-ibu hamil dan menyusui.

Ke-12 modul tersebut adalah:

  1. ASI saja cukup
  2. Siap bepergian
  3. Ikatan ibu dan anak
  4. ATIKA
  5. Menyusun balok
  6. Membayangkan masa depan
  7. Camilan sembarangan
  8. Jadwal makan bayi dan anak
  9. Porsi makan bayi dan anak
  10. Cuci tangan pakai sabun
  11. Harapan ibu
  12. Ditarik ke segala arah

Salah satu jargon Emo-Demo yang terkenal adalah ‘Ibu Hamil, Makan ATIKA’. ATIKA adalah akronim dari Ati, Telur, Ikan. Jargon itu mudah diingat agar para ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan sehat tersebut untuk kesehatan kehamilan dan janinnya.

Di waktu bersamaan GAIN juga menghelat pameran edukasi Emo-Demo yang menjadi bagian dari event Surabaya Great Expo, bertempat di Grand City Surabaya mulai tanggal 10 hingga 14 Agustus 2018.  (Fns)