02 Jul
2018

Mencari Yang Terbaik: 132 peserta kader Posyandu tengah menyelesaikan soal yang diberikan oleh Dinkes Kota Surabaya dalam pelaksanaan tes tulis Pemilihan Kader Posyandu Teladan Tingkat Kota Surabaya Tahun 2018, hari Senin (02/07/18). Foto : Andi Sahrial


Surabaya, eHealth. Dinas Kesehatan Kota Surabaya kembali mencari kader Posyandu terbaik sebagai bentuk penghargaan atas kiprah dan kerja keras sebagai penggerak atau promotor kesehatan di masyarakat, khususnya di Posyandu.

Kegiatan yang bertajuk Pemilihan Kader Posyandu Teladan Tingkat Kota Surabaya tahun 2018 ini diikuti oleh 132 kader dari 154 Kelurahan se-Kota Surabaya. “Setiap kader mewakili satu kelurahan yang berada di wilayah tempat tinggalnya,” ujar Rahmatin Dyah, Staf Promkes Dinkes Kota Surabaya yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan pemilihan kader Posyandu teladan ini.

Pada pemilihan kader Posyandu teladan ini dimulai dengan pelaksanaan tes tulis yang dilaksanakan di Graha Arya Satya Husada Dinkes Kota Surabaya, hari Senin (03/07/2018). Saat pelaksanaan tes tulis, para peserta pemilihan kader Posyandu teladan dihadapkan pada 40 soal pilihan ganda dan satu soal esai. Selama 75 menit, mereka mulai menjawab soal satu-persatu terkait pengetahuan seputar Posyandu dan kesehatan secara umum.

Seusai tes tulis, jawaban dari peserta pemilihan kader Posyandu teladan ini langsung dinilai oleh empat juri yakni Ni Made Khrisna Dewi, S.Gz dari Akademi Gizi, Agus Suhartono, S.Gz dari Akademi Gizi, Indarti dari Wahana Visi, dan Susilo Ernaningsih dari TP PKK Kota Surabaya.

Setelah dilakukan penilaian dan diskusi bersama keempat juri, maka didapatkan hasil enam kader teladan yang berhak maju ke tahap penilaian berikutnya. Keenam kader Posyandu yang maju antara lain Ibu Anis Soudia dari Kelurahan Tambak Rejo binaan Puskesmas Tambak Rejo, Ibu Asmiati dari Kelurahan Kebraon binaan Puskesmas Kedurus, Ibu Theresia dari Kelurahan Perak Utara binaan dari Puskesmas Perak Timur, Ibu Esthi Prabawati dari Kelurahan Wonokromo binaan Puskesmas Wonokromo, Ibu Enny Ermawati dari Kelurahan Dukuh Pakis binaan Puskesmas Dukuh Kupang, dan Ibu Dewi Sumarsih dari Kelurahan Jemurwonosari binaan Puskesmas Jemursari.

Nantinya, keenam kader diatas akan dilakukan kunjungan ke lokasi, baik di Posyandu tempat mereka mengabdi maupun di rumah kader untuk melihat lebih jauh kiprah dari keenam kader tersebut.

Perlu diketahui, pemilihan kader Posyandu teladan ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan profesionalisme, motivasi, dedikasi dan loyalitas kader Posyandu dalam melaksanakan kegiatan Posyandu, sehingga dapat mengoptimalkan fungsi dan kinerja Posyandu itu sendiri.

Selain itu juga, pemilihan kader Posyandu teladan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kader Posyandu di bidang penimbangan bayi atau Balita dan meningkatkan pemahaman dan keterampilan kader Posyandu dalam pencatatan dan pelaporan (pengisian KMS, SIP,dll). (And)