06 Mar
2019

Penghargaan bagi tenaga kesehatan (nakes) bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar tenaga kesehatan di Puskesmas Tingkat Kota Surabaya semakin bersemangat meraih prestasi dalam pembangunan kesehatan.

Terdapat 22 nominasi Tenaga Kesehatan Teladan (Nakesdan) dari seluruh Puskesmas Kota Surabaya yaitu 3 tenaga dokter, 3 tenaga dokter gigi, 2 tenaga bidan, 3 tenaga perawat, 2 tenaga teknik kefarmasian, 3 tenaga kesehatan lingkungan, 3 tenaga gizi, dan 3 tenaga pranata laboratorium.

Salah satu pemenang terpilih adalah Dini Savitri, Amd.Kes, tenaga laboratorium medik dari Puskesmas Benowo, yang membuat inovasi Skrining Kehamilan dengan Plano Test pada Calon Pengantin Perempuan.

Kesehatan ibu dan anak sangat penting sebagai penentu kualitas sumberdaya manusia, sehingga perlu dilakukan intervensi sejak dini. Kesehatan ibu dan status gizi pada masa sebelum hamil, saat pembuahan, selama hamil, nifas dan menyusui serta kesehatan bayi mulai janin hingga berusia 2 tahun merupakan periode yang sangat kritis yang berpotensi menimbulkan kematian ibu, bayi, dan balita.

Data pemeriksaan pada catin (calon pengantin) biasanya hanya meliputi pemeriksaan darah lengkap, HIV, HBsAg dan sifilis. Plano test diperlukan untuk pemeriksaan kehamilan bagi catin yang tidak mengakui kehamilannya, dengan tujuan untuk meminimalisir kejadian kematian bayi yang tidak diinginkan. Catin wanita akan mendapatkan pelayanan ANC terpadu sehingga tidak terjadi masalah yang tidak diharapkan, dan persalinan pun akan ditolong oleh tenaga kesehatan, di samping juga adanya dukungan secara psikologis, karena kehamilan di luar nikah biasanya mendapat stigma negatif dari masyarakat.

Inovasi ini dibuat dengan tujuan:
1. Meningkatkan angka cakupan kunjungan laboratorium di Puskesmas Benowo;
2. Meningkatkan kesehatan gizi ibu hamil;
3. Meningkatkan kesehatan mental ibu hamil;
4. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil;
5. Meningkatkan kunjungan ibu hamil.

Plano test dilakukan pada setiap catin wanita yang berkunjung ke Puskesmas Benowo untuk mengetahui ada tidaknya kehamilan. Jika hasilnya positif, catin wanita akan diarahkan ke Poli KIA untuk mendapatkan pelayanan ANC terpadu yang di dalamnya sudah termasuk pelayanan kesehatan gigi bagi ibu hamil, dan juga konseling psikologis. Hasil pemeriksaan diberikan pada hari yang sama dan diterima oleh catin yang bersangkutan.

Plano test merupakan pemeriksaan kehamilan dengan mengetahui adanya hormon HCG di dalam urin. Pada tahun 2017 ditemukan 1 kasus kehamilan catin, sementara pada tahun 2018 ditemukan 7 kasus, dan di awal tahun 2019 sudah ditemui 3 kasus. Hasil ini menunjukkan perlunya dilakukan skrining kehamilan pada catin, agar dapat memberikan pelayanan yang tepat sasaran bagi ibu hamil sehingga dapet meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.